Interaktif | Program SDSM 'Serambi Medinah' Belum Maksimal dan Optimal (?) - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 04 Mei 2024

    Interaktif | Program SDSM 'Serambi Medinah' Belum Maksimal dan Optimal (?)

    Interaktif,
    Program 1 Desa 1 Mesjid atau biasa disingkat SDSM; merupakan program dari Pemkab Tanah Bumbu, yang sudah sangat dikenal luas di seluruh wilayah Kabupaten yang menjuluki dirinya sebagai Serambi Medinah ini.

    Program tersebut dimana para anak dari kalangan umat Islam di seluruh wilayah Kabupaten Tanah Bumbu; berkumpul di mesjid yang terdapat di desa mereka masing-masing untuk belajar tentang Agama Islam; shalat berjamaah, mengaji hingga menghapal ayat-ayat Alquran.

    Dan program tersebut mendapat dukungan dari seluruh SKPD di lingkup Pemkab Tanah Bumbu, Pemerintahan Kecamatan hingga Pemerintahan Desa, yang mana masing-masing SKPD memiliki mesjid binaannya. 

    Namun ada yang kiranya perlu dievaluasi terkait hasil pelaksanaan program yang relijius dan sangat bagus ini, sehingga hasilnya bukan sekedar klaim dan laporan yang menyenangkan hati saja. Tapi mesti ada fakta yang benar-benar nyata hasil dari program tersebut.

    Sebut saja hasil dari keikutsertaan Kabupaten Tanah Bumbu pada MTQ Tingkat Propinsi Kalsel di Kabupaten Tapin, yang mana Kabupaten Tanah Bumbu hanya berada di peringkat ke 8 dari 13 kabupaten/kota peserta MTQ tersebut. Atau peringkat tersebut naik 2 anak tangga dari peringkat 10 di MTQ sebelumnya.

    Harus ada evaluasi dari pelaksanaan Program SDSM ini, sehingga julukan sebagai Serambi Medinah tak sekedar 'gagah-gagahan' tapi benar-benar dapat mengimbangi raihan prestasi dari Kabupaten Banjar yang berjuluk sebagai 'Serambi Mekah' dan meraih Juara Umum di MTQ di Kabupaten Tapin seperti pada MTQ sebelumnya.

    Mungkin Bupati Tanah Bumbu harus kembali memberikan penguatan kepada seluruh SKPD dan instansi terkait lainnya tentang masalah ini, dan predikat sebagai Serambi Medinah akan menjadi benar-benar tepat disandang Tanah Bumbu. ©Jurnalisia™
    👀 16726

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda