Fenomena Alam di Danau Ranau Membawa Berkah - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Senin, 20 Februari 2023

    Fenomena Alam di Danau Ranau Membawa Berkah

    OKUS Sumsel,
    Fenomena alam yang terjadi di Danau Ranau ternyata membawa berkah tersendiri bagi warga masyarakat yang berada di sekitaran Danau.

    Gunung Seminung yang berada persis di tepian Danau Ranau kembali mengeluarkan zat Belerang, peristiwa itu terjadi pada Minggu (19/02/23) lalu.

    Akibat dari zat Belerang tersebut air danau pun berubah menjadi biru kehitam-hitaman, tak hanya itu ikan-ikan yang ada di dalam danau pun ikut mabuk.

    Mendapati hal tersebut, para warga di sekitaran danau pun berbondong-bondong menangkap ikan yang sedang mabuk akibat zat belerang, dengan menggunakan alat seadanya para warga pun mengais rejeki dari fenomena alam yang terjadi.

    Iwan, seorang warga menuturkan, fenomena alam ini sudah 2 kali terjadi, pertama pada akhir tahun 2022 dan ini untuk yang kedua kalinya.

    Menurut Iwan, fenomena alam ini sering terjadi, masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Bentelehan, dan ikan-ikan yang mabuk belerang tersebut aman untuk dikonsumsi, sehingga para warga menangkap ikan-ikan tersebut selain untuk dikonsumsi juga untuk dijual dengan harga yang sangat murah. ©Jurnalisia

    Penulis : Iskandar Dinata

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda