[Infokus] Cegah COVID-19 di Kotabaru Ayo Berjuang Bersama - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 03 April 2020

    [Infokus] Cegah COVID-19 di Kotabaru Ayo Berjuang Bersama

    Predikat sebagai garda terdepan melawan Corona Virus Deasese 19 (COVID-19) memang layak disematkan bagi dokter dan paramedis.

    Garda terdepan dalam pengertian ini adalah pihak yang berada paling di depan pada upaya pencegahan, penanganan dan pemulihan pasien COVID-19.

    Melalui kampanye, sosialisasi, publikasi, surat edaran, arahan, imbauan baik formal maupun informal konsisten dilakukan dalam upaya mengedukasi serta memberi pemahaman kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana seharusnya dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

    Ketika sebagian besar  masyarakat menjauh dari zona merah, orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), bahkan pasien terkonfirmasi COVID-19, para pahlawan kesehatan ini terus berjuang mempertaruhkan kesehatan mereka sendiri, bahkan nyawa untuk menjawab panggilan jiwa demi kesehatan anak bangsa.

    Seperti yang terpantau di satu Posko COVID-19 di Desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah tepatnya di pelabuhan fery Tanjung Serdang, aktivitas paramedis sebagai garda terdepan tak diragukan lagi, tanpa pandang bulu, pilih kasih, semua orang yang masuk ke daratan Pulau Laut Kotabaru diperiksa dengan seksama, hal ini hanya ingin memastikan semua orang yang masuk dalam kondisi sehat.

    Hal yang sama juga dilakukan paramedis di Posko COVID-19 lainnya, seperti di perbatasan Kalsel-Kaltim tetatnya di Sengayam Kecamatan Pamukan Barat yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Paser, dan di pelabuhan fery di Desa Stagen Kecamatan Pulau Laut Utara.

    Tak peduli hujan, panas, siang, malam, bahkan dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang bisa dikatakan minim, bangunan posko sementara dan sederhana para penjaga kesehatan warga ini berjuang mempertahankan dan membendung masuknya COVID-19 ke Bumi Saijaan.

    Walau keluarga di rumah dirundung kecemasan dan keresahan akan kesehatan, keselamatan saudaranya yang berada di Posko COVID-19, tapi, hal itu tak mengurangi semangat dan etos kerja para penjaga kesehatan warga ini untuk berbakti bagi nusa, khususnya Bumi Saijaan.

    Karenanya wahai warga Saijaan, bantulah, dukunglah dan berjuanglah bersama mereka, para dokter dan paramedis, dengan kapasitas dan peran kita masing-masing, ikutilah anjuran, jaga jarak, jauhi kerumunan, tinggallah di rumah, keluar rumah jika benar-benar perlu, lakukan pola hidup sehat, dan selalu doakan mereka agar kuat, tabah, setia dalam pengabdian serta selalu sehat, agar tetap menjadi garda terdepan di Kotabaru dalam menangkal penyebaran COVID-19. (RnS)

    ----------©----------
     
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda