Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah menjadi kabupaten dengan Upah Minimum Regional (UMR) terendah diantara kabupaten dan kota di seluruh Indonesia tahun 2026. Besaran UMR di Kabupaten Banjarnegara adalah Rp 2.327.000 oer bulan.
Di posisi ke 2 ditempati Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah dengan besaran UMR Rp 2.335.126 per bulan, kemudian Kabupaten Sragen Jawa Tengah dengan UMR sebesar Rp 2.337.700 per bulan, dan Kabupaten Blora Jawa Tengah dengan UMR sebesar Rp 2.345.695 per bulan.
Sebanyak 3 daerah lainnya adalah yang berada di wilayah Propinsi Jawa Barat yakni; Kabupaten Pangandaran dengan besaran UMR Rp 2.351.250 per bulan, Kota Banjar besaran UMR-nya Rp 2.361.241 per bulan, serta Kabupaten Kuningan sebesar Rp 2.369.380 per bulan.
Jika dibandingkan dengan UMR di kabupaten/kota di Kalsel saja; kelihatan sekali perbedaannya yang mana besaran UMR di sejumlah kabupaten adalah Rp 3.725.000 yang berlaku untuk Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tanah Laut. Sedangkan Kabupaten Tanah Bumbu sebesar Rp 3.736.000, Tabalong Rp 3.827.935, Kota Banjarbaru Rp 3.843.037, Kota Banjarmasin Rp 3.855.894, sementara UMR tertinggi adalah Kabupaten Kotabaru sebesar Rp 3.904.645. Adapun UMR tertinggi di Indonesia adalah Kota Bekasi Jawa Barat dengan besaran Rp 5.999.443.
📊 914
Tags
Ekonomi
