Tanah Bumbu Akan Kerjasama 'Sister City' Dengan Jepang - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 10 Desember 2016

    Tanah Bumbu Akan Kerjasama 'Sister City' Dengan Jepang

    Pemkab Tanah Bumbu akan berencana menjalin kerjasama “Sister City” dengan Jepang guna mempercepat realisasi pembangunan yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD).

    “Belum lama tadi kami sudah melakukan kunjungan ke Universitas Darma Persada Jakarta dan menandatangani MoU kerjasama,” ujar Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor, Jumat (9/12/16) lalu.

    Pendekatan kerjasama sengaja dilakukan melalui Universitas Darma Persada Jakarta karena dianggap satu diantara perguruan tinggi milik Jepang.

    Adanya MoU yang sudah ditandatangi tersebut, selanjutnya pihak Universitas Darma Persada akan berkunjung  ke Tanah Bumbu guna menindaklanjuti dan menggali sejumlah potensi daerah yang bisa dikerjasamakan dengan Jepang, meliputi bidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan, pengabdian kepada masyarakat, pendidikan, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). 

    Sister City merupakan satu bentuk kerjasama antara pemerintah daerah yang ada di Indonesia dengan pemerintahan di luar negeri guna menumbuhkembangkan hubungan persahabatan saling menguntungkan antara kedua negara.

    Konsepnya pertama kali sudah diterapkan sejumlah negara di Benua Eropa yang seiring perkembangannya muncul pula istilah lain yang sebut dengan Twin City atau Kota Kembar.

    Sister city sendiri juga ada di Indonesia. Adapun konsep Sister City di Indonesia lebih menekankan pembangunan bidang ekonomi, pendidikan dan budaya.
     


    Satu kota di Indonesia yang sudah menerapkan kerjasama Sister City adalah Kota Bandung. Kerjasama Sister City dilengkapi program kegiatan yang sifatnya tetap dan terencana. (Relhum)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...