Bukan Indonesia Lagi, Inilah Negara Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 09 April 2024

    Bukan Indonesia Lagi, Inilah Negara Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia



    Internasional,
    Dikutip dari berbagai sumber, jumlah umat Islam saat ini telah berjumlah sekitar 2,25 milyar jiwa di seluruh dunia yang tersebar di sekira 200 negara.

    Jumlah umat Islam tersebut setara dengan 32 persen dari total penduduk dunia saat ini, sehingga merupakan agama dengan pemeluk terbesar ke 2 setelah pemeluk agama Kristen yang terbagi menjadi; Katholik, Protestan dan Ortodoks.

    Di tahun 2024 ini ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yakni; Indonesia bukan lagi menjadi negara dengan pemeluk Islam terbesar di dunia.

    Menurut data dari World Population Review tahun 2024, Pakistan menggeser posisi Indonesia sebagai pemuncak penganut Islam terbesar di dunia. Saat ini pemeluk Islam di Pakistan berjumlah 240,8 juta jiwa atau 98,19 persen dari total penduduk Pakistan atau 12,23 persen dari total jumlah pemeluk Islam di dunia, sedangkan di Indonesia berjumlah 236 juta jiwa atau 84,35 persen dari total penduduk Indonesia atau 11,99 persen dari total Muslim dunia.

    Di urutan ke 3 ada India dengan jumlah umat Islam sekitar 200 juta jiwa atau 13,87 persen dari total penduduk India atau 10,5 persen dari total Muslim dunia.

    Di Bangladesh terdapat umat Islam sebanyak 150,8 juta jiwa atau 86,32 persen dari total penduduk Bangladesh atau 8,2 persen dari total Muslim dunia.

    Selain tersebar di kawasan Asia Pasifik umat Islam secara signifikan tersebar di kawasan Timur Tengah, Afrika Utara dan di Afrika Sub Sahara. Selain itu agama Islam pun tersebar di Benua Eropa dan Amerika terutama di wilayah-wilayah perkotaan. ©Jurnalisia™
    👀 8679

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda