Koramil Sungai Loban Pengamanan Pawai Ogoh-Ogoh Sambut Nyepi - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Senin, 11 Maret 2024

    Koramil Sungai Loban Pengamanan Pawai Ogoh-Ogoh Sambut Nyepi

    Tanah Bumbu,
    Babinsa Koramil 1022-06/Sungai Loban Kodom 1022/TNB melakukan pengamanan Pawai Ogoh-Ogoh menyambut Hari Raya Nyepi di Desa Kerta Buwana Kecamatan Sungai Loban, Minggu (10/03/24).

    Pawai Ogoh-Ogoh dimulai dari lapangan sepakbola Desa Kerta Buwana lalu diarak keliling desa dan berakhir di pura yang sudah ditunjuk oleh kepala adat untuk melakukan pembakaran patung ogoh-ogoh.

    Berbagai bentuk dan karakter patung Ogoh-Ogoh raksasa diikutkan pada kegiatan pawai yang dihadiri lebih dari seribu orang umat Hindu ini.

    Pawai Ogoh-Ogoh ini juga diiringi dengan doa mecaru yang dilakukan sepanjang jalan sambil menampilkan atraksi Ogoh-Ogoh.

    Rangkaian kegiatan ini ditutup setelah Pawai Ogoh-Ogoh memasuki garis finis, dengan ditandai pembakaran patung-patung Ogoh-Ogoh sebagai simbol pembakaran makhluk-makhluk halus yang jahat.

    Sinergitas dan toleransi antara TNI dan Polri sangat terlihat pada saat mengamankan jalannya pawai, agar semua berjalan dengan aman dan lancar.

    Menurut Dandim 1022/TNB yang diwakili Danramil 1022-06/Sungai Loban, Kapten Inf Sahlan Nurbiyanto mengatakan, pengamanan ini adalah bentuk kepedulian kepada sesama umat beragama yang ditunjuk TNI agar saat agama lain melakukan ibadah, mereka merasa aman dan ibadah bisa dilakukan dengan khusyuk.

    “Pengamanan sudah kami lakukan sejak pagi termasuk dibantu pula oleh beberapa Anggota Babinkamtibmas," kata Kapten Sahlan. ©Jurnalisia™

    Sumber : Dim 1022/TNB
    👀 10670

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda