Interaktif | Bocah Tenggelam di Pantai, Mana Petugas Seperti di Film 'Baywatch' ? - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Senin, 11 Maret 2024

    Interaktif | Bocah Tenggelam di Pantai, Mana Petugas Seperti di Film 'Baywatch' ?

    Interaktif,
    Meski tidaklah sering, namun setiap tahunnya ada saja yang tenggelam di kawasan objek wisata Pantai Pagatan Kecamatan Hilir, kebanyakan dari yang tenggelam adalah anak-anak, dan mereka tewas.

    Seperti belum lama ini Pantai Pagatan kembali menelan korban seorang bocah pria, Ra berusia 14 tahun, murid Kelas III SMP, yang berenang di pantai yang merupakan Laut Jawa itu bersama temannya. Malang; bocah berusia 14 tahun itu ditemukan para petugas sudah dalam kondisi meninggal dunia, sedangkan temannya berinisial Al, murid Kelas V SD berhasil menyelematkan diri.

    Dan perlu digarisbawahi, petugas yang melakukan pencarian maupun penyelematan selama ini; bukanlah petugas khusus penjaga pantai tapi dari instansi mana saja atau pihak mana saja yang bersedia membantu.

    Yang telah beranjak remaja apalagi dewasa di era tahun 1990-an; tentu pernah menonton, atau paling tidak mendengar film tentang sekelompok penjaga pantai (coast guard) berjudul Baywatch.

    Film Baywatch ini diputar pertama kali di RCTI pada 1989, berkisah tentang sepak terjang sekelompok penjaga pantai di satu tempat di Amerika Serikat. Tugas para penjaga pantai di film Baywatch itu adalah mereka benar-benar bertugas menjaga pantai agar para pengunjung aman dan terhindar dari bahaya apapun selama berada di kawasan pantai.

    Dengan selalu adanya korban di Pantai Pagatan itu, kita semua merasa miris terhadap kondisi di objek wisata tersebut. Kita pasti terlalu jauh jika menginginkan adanya para penjaga pantai seperti di film Baywatch, tapi setidaknya instansi terkait menyiapkan antisipasi agar tak terjadi atau mencegah kecelakaan, dan kalau terjadi kecelakaan pun cepat dapat dilakukan penyelematan.

    Mestinya di area pantai itu terdapat setidaknya pos yang diisi oleh petugas pantai lengkap dengan berbagai perlengkapan untuk penanganan penyelamatan kalau sewaktu-waktu terjadi kecelakaan terhadap pengunjung terutama yang berenang.

    Kita berharap saja instansi terkait dan berwenang memberikan perhatian terhadap faktor keselamatan dengan adanya kejadian orang tenggelam yang selalu berulang, karena ini sangat perlu mengingat di Tanah Bumbu terdapat sejumlah objek wisata pantai, dan yang belum diketahui adalah; adakah disana para petugas penjaga pantainya (?) ©Jurnalisia™
    👀 7292

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda