Rakoor Pelatihan Saksi Parpol Oleh Bawas Pemilu Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Website Ini Telah Dilihat 96,9 Juta Kali

    Sabtu, 23 Desember 2023

    Rakoor Pelatihan Saksi Parpol Oleh Bawas Pemilu Kotabaru

    Kotabaru, 
    Badan Pengawas (Bawas) Pemilu Kabupaten Kotabaru melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakoor) Fasilitasi Pelatihan Saksi Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2024 dengan tema "Peran Saksi Dalam Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara", bertempat di satu hotel di Kotabaru, Sabtu (23/12/23).

    Rakoor dibuka langsung Komisioner Badan Pengawas Pemilu Divisi SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Fat Hurrahman, S.Pd.I, M.Sos, dihadiri para Perwakilan Parpol Pemilu tahun 2024. Narasumber; Des Rizal Rachman Rofiat Darodjat dari Bawaslu Propinsi Kalsel, ⁠Nur Zazin, Akademisi, dan ⁠Fahmi Failasofa dari KPU Propinsi Kalsel.

    Des Rizal Rachman mengatakan, kegiatan Pelatihan Saksi merupakan tanggungjawab Badan Pengawas Pemilu di seluruh tingkatan sesuai amanah UU Pasal 351; di tingkat propinsi sudah melaksanakan baruulah di tingkat kabupaten.

    Hal ini menurut Des Rizal; untuk penguatan para Saksi terutama Perwakilan Parpol yang ikut pelatihan ini bisa kembali memberikan pelatihan kepada saksi dari Porpol itu sendiri. Dan nantinya Saksi Parpol itu sendiri dibekali mandat oleh Parpol itu supaya saksi itu bisa masuk ke TPS sebagai pemantau dan menjadi saksi Parpol dalam kegiatan Pemilu sekaligus menjadi ujung tombak dalam menghindari kecurangan, pelanggaran, kesalahan prosedur di tingkat TPS tersebut.

    Harapannya bagi para Pelatih Perwakilan Parpol yang ikut Rakoor Pelatihan Saksi ini bisa memberikan pelatihan lagi ke tingkat bawahannya; saksi Parpol agar lebih memahami aturan tatacara sebagai saksi di TPS saat Pemilu. ©Jurnalisia™

    Penulis : Agus Ariyanto

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda