KASN Rekomendasikan Kepala Disdikbud Kalsel Dihukum Disiplin Berat

Nasional,
Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengeluarkan Surat Nomor : R-4788/NK.01.00/12/2023, hal Rekomendasi atas Pelanggaran Netralitas ASN atas nama Muhammadun, A.KS, M.I.KOM, tertanggal 20 Desember 2023.

Surat yang ditujukan ke Gubernur Kalsel selaku Pejabat Pembina Kepegawaian itu ditandatangi oleh Kepala KASN, Agus Pramusinto.

Beberapa waktu lalu sempat viral baik di media arus utama maupun media sosial terkait Muhammadun yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Propinsi Kalsel yang menggunakan atribut Partai Golkar pada pembukaan job fair yang dilaksanakan di SMKN 5 Banjarmasin. Pada saat memberikan sambutan ASN yang bersangkutan mengeluarkan narasi mendukung Partai Golkar dan bahkan mengajak agar memilih Partai Golkar pada tanggal 14 Pebruari 2024 mendatang.

Muhammadun pada klarifikasi yang disampaikannya ke KASN; mengakui menyampaikan narasi mendukung Partai Golkar. Atas beberapa pertimbangan maka pihak KASN merekomendasikan kepada Gubernur Kalsel agar menjatuhkan hukuman disiplin berat terhadap Muhammadun, dan pihak KASN meminta Gubernur Kalsel agar melaporkan perkembangan masalah ini dalam jangka waktu 14 hari sejak rekomendasi ini dikeluarkan.

Meski pihak KASN telah mengeluarkan rekomendasi, namun sejumlah pihak meragukan tindakan hukuman disiplin berat yang bisa berakibat dipecatnya ASN yang bersangkutan, dikarenakan keputusan pemberian atau menjatuhkan hukuman berada di pihak Pejabat Pembina Kepegawaian yang sifatnya internal. ©Jurnalisia™

Posting Komentar

Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

Lebih baru Lebih lama