Disdukcapil Tanah Bumbu Luncurkan 2 Sistem Permudah Layanan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Website Ini Telah Dilihat 96,9 Juta Kali

    Jumat, 01 Desember 2023

    Disdukcapil Tanah Bumbu Luncurkan 2 Sistem Permudah Layanan

    Tanah Bumbu,
    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu meluncurkan Sistem Pelayanan Terintegrasi (Si Petir), sekaligus sosialisasi dan In House Training (IHT), belum lama ini.

    Peluncuran sistem tersebut dalam rangka mengoptimalkan pelayanan pendaftaran penduduk. 

    Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tanah Bumbu, Gento Hariyadi mengatakan pihaknya terus bergerak melakukan inovasi dan kolaborasi terhadap kemudahan kualitas pelayanan publik. 

    “Ada 2 inovasi Dukcapil Tanah Bumbu, yaitu program Detak-Detik (Desa tertib administrasi kependudukan) dan Si Petir sangat mempermudah keperluan administrasi masyarakat,” ungkapnya. 

    Terkait inovasi Si Petir, Gento mengatakan tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, mempermudah administrasi kependudukan mencakup data kelahiran dan kematian, sehingga masyarakat cukup melapor ke rumah sakit sesuai syarat yang diminta. 


    Melalui Si Petir ini pelayanan akan terintegrasi dengan Desa, Puskesmas dan Rumah Sakit, serta Dinas Kesehatan setempat. 

    “Kita ingin menyamakan persepsi, bahwa administrasi dokumen kependudukan dapat ditangani secara mudah, tepat, dan tanpa pungutan biaya," pungkas Gento. 

    Hadir pada peluncuran Si Petir, sosialisasi, dan IHT yakni Kepala Desa di 21 Desa se Tanah Bumbu atau yang mewakili, Pegawai Puskesmas, dan 2 Operator dari Rumah Sakit. ©Jurnalisia™

    Sumber : mctb-fit

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda