Salah Kaprah | Faktanya Buah Tapi Disebut Sayur - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Jumat, 17 Maret 2023

    Salah Kaprah | Faktanya Buah Tapi Disebut Sayur

    Selain para monyet, kalong, kelelawar, burung dan lainnya yang kenal dengan berbagai jenis buah, manusia juga pasti sangat kenal kepada yang namanya buah.

    Buah-buahan yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia antara lain; durian, duku atau langsat, mangga, sirsak, salak, pepaya, kelapa, nangka, cempedak dan lainnya.

    Tapi pernahkah memastikan kalau yang disebut ini seperti; pare (paria), cabai (lombok), terong, gambas (banjar; Karawila), kacang panjang, kol (kubis), timun dan lainnya yang sering dibikin sayur; juga termasuk jenis buah-buahan ?

    Banyak orang menggolongkannya sebagai jenis sayuran bukan buah. Tapi kita akan buktikan secara fakta kalau itu semua ternyata termasuk jenis buah bukan jenis sayur seperti bayam, sawi, kemangi, dan lainnya.

    Pernahkah kalian bertanya begini; "Sudahkah berbuah cabai (lombok) yang kamu tanam itu ?"

    Tentu pernah pertanyaan itu oleh banyak orang. Kenapa pertanyaannya bukan seperti ini; "Sudahkah bersayur cabai (lombok) yang kamu tanam itu ?"

    Nah, pertanyaan seperti itu juga berlaku untuk buah yang selama ini dikategorikan sayuran oleh banyak orang.

    "Gambas yang kamu tanam di samping rumah itu sudahkah berbuah ?" atau "Bagaimana kol yang kamu tanam itu sudahkah berbuah ?"

    Faktanya begitu. Yang sebenarnya adalah semua yang disebut di atas itu adalah jenis buah, hanya saja ada yang bisa dimakan tanpa dijadikan sayur, ada pula yang mesti dijadikan sayur untuk bisa enak dinikmati. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda