Sosialisasi Pinjaman Kredit Untuk Petani di Tanah Bumbu - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,52 Juta Kali

    Jumat, 20 Mei 2022

    Sosialisasi Pinjaman Kredit Untuk Petani di Tanah Bumbu

    “Pemerintah banyak memberikan kemudahan kepada petani untuk memanfaatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat, Red) dengan baik. KUR untuk petani ini skemanya berbeda dengan KUR pada umumnya. Petani diberikan keringanan dalam pembayarannya, yakni dapat dibayar lunas sekaligus atau boleh juga dicicil pada saat produk pertaniannya sudah panen (menghasilkan). Dengan kata lain disesuaikan dengan perilaku arus kas (cash flow). Hal ini tentu sangat memudahkan para petani,” ungkap Ir. Amir Sahlan, Kepala Bidang Prasaran dan sarana Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Holtikura Propinsi Kalsel.

    Hal itu disampaikannya pada Sosialiasi Kegiatan Fasilitasi Pembiayaan Pertanian melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), KURdan Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) di Gedung Pemuda Kapet Kecamatan Simpang Empat, Kamis (19/05/22), yang turut dihadiri para Ketua Gapoktan se Tanah Bumbu.

    Kegiatan sosialisasi tersebut menghadirkan PT Jasindo dan bank penyelenggara KUR, membahas diantaranya tentang persyaratan untuk bisa ikut asuransi tersebut, premi yang harus dibayarkan dan besaran pertanggungan yang didapatkan petani apabila terjadi klaim akibat gagal panen.

    Sedangkan dari pihak bank BNI Batulicin selaku penyelenggara program KUR menjelaskan tentang prosedur untuk bisa mengakses pinjaman mulai dari besaran plafon pinjaman, persyaratan yang harus dilengkapi dan jangka waktu pelunasan. (Rel)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda