[ADV] Kerjasama Penanaman Pohon Pemkab bersama Polres Tanah Bumbu - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Website Ini Telah Dilihat 96,9 Juta Kali

    Rabu, 01 Juni 2016

    [ADV] Kerjasama Penanaman Pohon Pemkab bersama Polres Tanah Bumbu

    Jajaran Pemkab Tanah Bumbu bersama pihak Polres melakukan penanaman 575 pohon di kawasan perkantoran Polres Tanah Bumbu. Ini dilaksanakan memanfaatkan musim hujan yang diperkirakan akan segera berakhir pada Juni 2016.


    "Mumpung masih musim hujan. Kami coba menanam pohon, sebelum musim hujan berakhir pada bulan Juni," kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanah Bumbu, Hanif Faisol Nurrofik, S.Hut, MP di acara penanaman pohon tersebut.


    Hadir Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dan H. Sudian Noor, serta Sekdakab Tanah Bumbu, Said Akhmad, juga Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Kus Subiyantoro, SIK bersama para Perwira.


    Penanaman melibatkan ratusan petugas kebersihan dan pasukan pemadam kebakaran. Jenis pohon yang ditanam antara lain Trembesi, Tanjung, Mahoni, Asam Jawa, Meranti, dan Durian Merah.

    Selanjutnya penandatanganan MoU Penghijauan Lingkungan antara Pemkab dan Polres Tanah Bumbu, penyerahan bantuan 1 set pakaian kebersihan untuk 300 tenaga kebersihan di Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Kusan Hilir, serta penyerahan 1 unit kendaraan pengangkut sampah roda 2 untuk Polres Tanah Bumbu dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Tanah Bumbu.

    "Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Dishutbun Tanah Bumbu dalam upaya penghijauan lingkungan," ujar Hanif.


    Terkait kegiatan penghijauan sebut Hanif, Dishutbun Tanah Bumbu juga telah melakanakan kegiatan menanam pohon di 11 sekolah setingkat SLTA dan SLTP, serta penanam pohon di lingkungan Kejaksaan Negeri Batulicin.
    “Menanam 1 pohon sama dengan bersedekah karena menghasilkan oksigen, artinya bila menanam pohon kita bersedakah untuk mahluk yang lain," tambah Hanif pula.


    Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Kus Subiyantoro, SIK mengatakan, gerakan penghijauan melalui penanaman pohon merupakan kegiatan yang sudah dilakukan oleh Polres Tanah Bumbu dengan membuat taman di halaman Mapolres Tanah Bumbu. Terkait lingkungan sebut Kapolres, Polres Tanah Bumbu sudah melaksanakan revolusi mental yang menjadi program pemerintah, diantaranya yang diterapkan di Polres Tanah Bumbu tentang lingkungan yaitu membuang sampah pada tempatnya.


    Adapun Bupati Tanah Bumbu menyatakan sejalan program penanaman pohon diharapkan dapat bersinergi dengan program pembangunan lain di bidang pariwisata, yang mana Pemkab kini mulai fokus untuk menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai daerah yang menyenangkan (Places Happiness) untuk dikunjungi para wisatawan.


    “Ada sekitar 13 tempat objek wisata yang akan kita benahi nantinya. Penanaman pohon ini menjadi agenda pentingsebagai sarana pendukung objek wisata,” ujar Bupati Tanah Bumbu.


    Ditambahkan Bupati, ada 3 hal yang harus dipenuhi dalam mewujudkan Tanah Bumbu sebagai Kota Wisata yaitu; pembangunan infrastruktur jalan, transportasi udara dan pelabuhan. Untuk transportasi udara dalam waktu dekat akan ada penerbangan dari Banjarmasin-Batulicin-Makassar, dan juga sedang diusulkan ada rute tambahan lagi yaitu rute Surabaya-Bali-Batulicin. Ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Tanah Bumbu dan mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat.


    “Saya ingin seperti Banyuwangi yang menjadi kota wisata. Ke depannya saya ingin Tanah Bumbu menjadi kota Pariwisata yang menyenangkan bagi keluarga,” ujar Mardani. (Adv/Relhum)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda