15 Kabupaten di Indonesia SDM Paling Maju, Tak Ada di Kalimantan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 01 Juni 2024

    15 Kabupaten di Indonesia SDM Paling Maju, Tak Ada di Kalimantan

    Nasional,
    Tak ada satu pun kabupaten di Kalimantan yang termasuk pada daftar Kabupaten dengan SDM paling maju di Indonesia tahun 2023 berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

    SDM kabupaten paling maju di Indonesia didominasi oleh kabupaten yang berada di Pulau Jawa, yang selain penduduknya paling padat, juga sebagai pusat perniagaan dan ekonomi, serta tempat berbagai lembaga pendidikan dan keahlian berada.

    Kabupaten paling maju SDM-nya di Indonesia tahun 2023 ditempati oleh Kabupaten Sleman D.I Jogyakarta, di aman di propinsi ini terkenal perguruan tingginya yakni Universitas Gajah Mada (UGM). Kabupaten Sleman mendapat skor 84,86.

    Di peringkat ke 2 adalah Kabupaten Badung Bali dengan skor 83,00, di Propinsi Bali ini terkenal dengan Universitas Udayana.

    Lalu Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur dengan skor 81,88, di Propinsi Jawa Timur terdapat perguruan tinggi yang banyak diminati di Indonesia yakni Universitas Airlangga (Unair). 

    Di peringkat ke 4 kembali ditempati kabupaten yang berada dalam wilayah Propinsi D.I Joyakarta yakni Kabupaten Bantul dengan skor 81,74. Di peringkat ke 5 disusul kabupaten yang ada di Propinsi Bali yakni Kabupaten Gianyar dengan skor 79,69.

    Selanjutnya Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah dengan skor 78,65, dimana di Propinsi Jawa Tengah ini terdapat perguruan tinggi cukup bergengsi yakni Universitas Diponegoro (Undip).

    Berikutnya kabupaten di Pulau Sulawesi yakni Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara dengan skor 78,48, di Propinsi Sulawesi Utara terdapat Universitas Sam Ratulangi (Unsram).

    Kemudian; Kabupaten Gresik Jawa Timur skor 78,44, Kabupaten Natuna Kepulauan Riau (Kepri) skor 78,23, Kabupaten Tabanan Bali skor 77,87, Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara skor 77,83, Kabupaten Klaten Jawa Tengah skor 77,58, Kabupaten Bintan Kepri skor 77,59, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah skor 77,31, dan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara dengan skor 77,16. ©Jurnalisia™
    👀 7934

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda