Perang di Sudan; Krisis Yang Terlupakan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 20 April 2024

    Perang di Sudan; Krisis Yang Terlupakan


    Internasional,
    Lebih dari 8,6 juta orang terpaksa mengungsi di dalam dan luar Sudan sejak konflik dimulai di Khartoum, ibukota Sudan pada 15 April 2023. 

    Hampir 2 juta orang telah meninggalkan negara tersebut, dengan jumlah tertinggi – sekitar 640.000 orang – memasuki negara tetangga terdekat; Sudan Selatan.

    Konferensi internasional di Paris akan memusatkan perhatian pada krisis ini, mencari solusi dan menjanjikan sumber daya tambahan untuk respons kemanusiaan yang sudah terlalu lama tidak terdeteksi. Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi juga hadir.

    Setahun berlalu dan perang brutal terus berkecamuk di Sudan. Perang di Sudan ini merupakan satu krisis kemanusiaan dan pengungsian terbesar dan paling menantang di dunia.

    Serangan terhadap warga sipil dan kekerasan seksual dan berbasis gender yang terkait dengan konflik terus berlanjut dan melanggar hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia internasional.

    Meskipun krisis ini sangat besar; pendanaan masih sangat rendah. "Kita tidak bisa membiarkan Sudan menjadi keadaan darurat yang terlupakan," statemen dari UNHCR. ©Jurnalisia™ 
    👀 10010

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda