Negara Termiskin di Dunia; Semua di Benua Afrika - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 09 April 2024

    Negara Termiskin di Dunia; Semua di Benua Afrika

    Internasional,
    Meski belum termasuk negara kaya, namun Indonesia cukup beruntung tak dikategorikan sebagai negara miskin. Dengan penduduk sekitar 178 juta jiwa Indonesia digolongkan ke dalam negara sedang berkembang, yang tak menutup kemungkinan dalam beberapa dekade ke depan bisa menjadi negara maju di berbagai bidang pula.

    Tak seperti sejumlah negara ini yang dikategorikan sebagai negara miskin, semuanya di Benua Afrika. Kemiskinan negara itu bukan sebab tak ada sumber-sumber alam, namun dikarenakan sejumlah faktor diantaranya politik yang tak stabil, konflik, korupsi dan lainnya.

    Apa indikator yang dijadikan tolok ukur mengkategorikan suatu negara dianggap miskin ? 
    Indikator yang sering digunakan adalah Produk Domestik Bruto (PDB) Per Kapita, yang merupakan besaran rata-rata penduduk di suatu negara. PDB adalah hasil dari pembagian pendapatan nasional (negara) dengan jumlah penduduk negara tersebut dalam kurun waktu 1 tahun. 

    Selain PDB Per Kapita, indikator lain yang juga digunakan adalah Purchasing Power Parity (Paritas Daya Beli); perbandingan nilai suatu mata uang yang ditentukan daya beli mata uang itu terhadap barang dan jasa di masing-masing negara.

    Lalu negara mana saja yang dikategorikan miskin ? Simak di bawah ini; perkiraan yang dibuat oleh IMF (International Monetary Fund) per tanggal 28 Agustus 2023 lalu.
    1. Liberia, terletak di Afrika Barat, PDB Per Kapita sebesar USD 1.788 atau setara dengan Rp 28,6 juta atau rata-rata per bulan Rp 2,4 juta. Menurut data Bank Dunia tahun 2016; hampir 51 persen penduduk negara ini hidup di bawah garis kemiskinan.
    2. Chad, terletak diantara Afrika Utara dan Afrika Tengah, PDB Per Kapita USD 1.787, padahal negara ini memiliki cadangan minyak bumi terbesar ke 10 di Afrika.
    3. Malawi, terletak di Afrika Tenggara, PDB Per Kapita USD 1.682. Negara ini juga tergolong terbelakang di dunia.
    4. Niger, terletak di Afrika Barat, PDB Per Kapita USD 1.600. Negara ini pernah menempati posisi sebagai negara termiskin di dunia.
    5. Mozambik, PDB Per Kapita USD 1.556, negara ini terletak di kawasan Afrika Tenggara. Negara bekas jajahan Portugal ini padahal kaya akan sumber alam. 
    6. Republik Demokratik Kongo atau Kongo Kinshasa, terletak di kawasan Afrika Sub Sahara, PDB Per Kapita USD 1.474. Negara bekas jajahan Belgia ini sebenarnya kaya akan sumber alam termasuk hutan dan lahan yang subur.
    7. Somalia, terletak di kawasan Tanduk Afrika, PDB Per Kapita USD 1.374.
    8. Republik Afrika Tengah, PDB Per Kapita USD 1.127. Negara ini padahal memiliki cadangan mineral cukup signifikan seperti uranium, minyak bumi, emas, berlian, kobalt dan lainnya, serta tanahnya yang cukup subur.
    9. Burundi, terletak di Afrika Timur, PDB Per Kapita USD 891. 
    10. Sudan Selatan, PDB Per Kapita USD 516. Negara termasuk negara termuda di dunia yang berdiri pada tahun 2011.
    Nah, itulah 10 negara termiskin di dunia; yang kesemuanya terletak di Benua Afrika. Lalu berapakah PDB Per Kapita Indonesia ? Berdasarkan data BPS tahun 2023 besar PDB Per Kapita Indonesia adalah USD 4.919,7 atau setara Rp 75 juta atau per bulan rata-rata Rp 6,25 juta. ©Jurnalisia™ 
    👀 4867

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda