UMK Tertinggi di Kalsel, Inflasi Kotabaru Pernah Tertinggi se Indonesia - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Website Ini Telah Dilihat 96,9 Juta Kali

    Selasa, 16 Januari 2024

    UMK Tertinggi di Kalsel, Inflasi Kotabaru Pernah Tertinggi se Indonesia

    Kotabaru,
    Peringkat pertama Upah Minimum Kabupaten (UMK) tertinggi di Kalsel, tak berbanding lurus dengan angka inflasi yang terjadi di Kabupaten Kotabaru.

    Kabupaten Kotabaru dengan UMK sebesar Rp 3.420.661, atau paling tinggi se Kalsel, namun angka inflasi kabupaten terluas wilayahnya di Kalsel itu juga sangat tinggi.

    Di tahun 2022 Kabupaten Kotabaru bahkan menduduki peringkat pertama kabupaten/kota yang tingkat inflasinya tertinggi di seluruh Indonesia yakni berada pada angka 8,65.

    "Saya berkesempatan mampir di beberapa warung makan yang ada di Kotabaru. Saat beli makanan di salah satu warung yang cukup terkenal ternyata harga satu porsi makanan sudah naik menjadi Rp 36 ribu. Padahal 3 atau 4 bulan sebelumnya masih di harga Rp 25 ribu. Begitu juga di warung lainnya sudah mencapai harga Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu. Tentu ini makin memperberat pengeluaran pembeli," ungkap seorang pemerhati masalah sosial di Kotabaru. 

    Dengan angka inflasi yang cukup tinggi, kenaikan UMK Kotabaru yang selisih antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribuan dari kabupaten/kota di Kalsel lainnya; dirasakan tak begitu berpengaruh oleh warganya. ©Jurnalisia™

    Sumber : katadata, bps 


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda