Tak Punya Tentara Sejumlah Negara Ini Tak Ditindas Negara Lain - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Website Ini Telah Dilihat 96,9 Juta Kali

    Minggu, 14 Januari 2024

    Tak Punya Tentara Sejumlah Negara Ini Tak Ditindas Negara Lain

    Agar Anda Tau,
    Meski sebagian besar negara di dunia menganggap penting kekuatan militer atau tentara, sehingga ada yang berpendapat kalau militer lemah maka negara itu akan ditindas oleh negara lain, faktanya tidaklah demikian. Karena terdapat sejumlah negara yang tak punya tentara, dan negara itu tetap aman dan tak ditindas oleh negara lain, tidak pula sumber daya alam mereka dirampas.

    Negara mana saja di dunia yang punya tentara ?

    Dikutip dari Kanal Invoice Indonesia, silakan simak di bawah ini.
    1. Andorra, negara berbentuk kerajaan di semenanjung Iberia di Benua Eropa ini terkurung daratan. Tak punya tentara resmi tapi hanya polisi. Pertahanan ini dibantu oleh Prancis dan Spanyol.
    2. Dominika, negara berbentuk kepulauan di Laut Karibia. Negara yang merupakan Anggota Persemakmuran dengan Inggris ini juga hanya memiliki polisi.
    3. Federasi Mikronesia, pertahanan negara ini menjadi tanggungjawab Amerika Serikat berdasarkan perjanjian kedua negara. Tak ada tentara di negara ini, cuma polisi.
    4. Grenada, merupakan negara kepulauan di Laut Karibia. Sistem pertahanan negara ini adalah sistem pertahanan regional sama dengan Negara Dominika.
    5. Islandia, meski menjadi Anggota NATO, tapi Islandia tak memiliki militer permanen. Pertahanan negara ini adalah tanggungjawab NATO. 
    6. Republik Kiribati, negara kepulauan terletak di Samudera Pasifik. Pertahanan negara ini dibantu oleh Australia dan Selandia Baru.
    7. Kepulauan Marshal, pertahanan negara ini menjadi tanggungjawab Amerika Serikat.
    8. Kepulauan Solomon, meski tak punya tentara namun kekuatan polisi di negara ini cukup besar.
    9. Kosta Rika, pada tahun 1948 negara ini membubarkan tentara. Anggaran untuk tentara dialihkan untuk pendidikan dan kesehatan rakyatnya.
    10. Leichtenstein, tentara di negara dihapuskan pada tahun 1898 karena biayanya terlalu mahal dan hanya digunakan pada saat perang. Pertahanan negara ini dibantu oleh Austria dan Swiss.
    11. Mauritius, negara yang terletak di Samudera Hindia ini sudah tak memiliki tentara sejak tahun 1968.
    12. Monako, negara terkecil ke 2 di dunia setelah Vatikan ini telah meninggalkan militer sejak abad ke 17. Pertahanan negara ini merupakan tanggungjawab Prancis,
    13. Nauru, negara di kawasan Oceania ini pertahanannya jadi tanggungjawab Australia.
    14. Panama, terletak di Amerika Tengah, menghapus militernya pada tahun 1990.
    15. Palau, terletak di kawasan Oceania. Sejak merdeka negara ini tak pernah memiliki tentara. Urusan pertahanan negara ini adalah tanggungjawab Amerika Serikat.
    16. Samoa, juga terletak di kawasan Oceania. Merdeka dari Selandia Baru pada tahun 1961. Pertahanan negara ini menjadi tanggungjawab Selandia Baru sejak tahun 1962.
    17. Saint Lucia, juga tak memiliki tentara.
    18. Saint Vincent dan Grenadines, negara di kawasan Karibia ini sistem pertahanannya bersifat regional.
    19. Tuvalu, terletak di kawasan Samudera Pasifik ini sejak kemerdekaannya pada tahun 1978 tak punya tentara, hanya polisi. 
    20. Vanuatu, terletak di Oceania, merdeka tahun 1980, hanya punya polisi.
    21. Vatikan, negara terkecil di dunia yang luasnya hanya 0,50 kilometer persegi. Meski tak punya tentara tapi Vatikan mendapat perlindungan informal dari militer Italia. 
    Nah, itulah negara-negara yang tak punya tentara alias militer, namun mereka aman-aman saja, sehingga pendapat; militer lemah akan ditindas negara lain; faktanya tak terbukti. ©Jurnalisia™

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda