Panen Buah di Kotabaru, Harga Langsat Mulai Turun - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Website Ini Telah Dilihat 96,9 Juta Kali

    Rabu, 24 Januari 2024

    Panen Buah di Kotabaru, Harga Langsat Mulai Turun

    Kotabaru,
    "Sudah mulai murah harga, makanya punya saya nanti saja saya panen," ungkap seorang warga pemilik kebun buah Langsat (Duku, Red) di Desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah Kotabaru.

    Musim buah setahun sekali di sejumlah desa di daratan Pulau Laut Kotabaru; berkah tersendiri bagi para warga yang memiliki kebun buah antara lain Durian, Langsat, Manggis, Ramania, Binjai, Kapul dan lainnya yang musimnya bersamaan.

    Pada awal panen beberapa bulan lalu harga Langsat diketahui cukup mahal harganya yakni Rp 25 ribu per kilonya. Di saat para warga pemilik kebun bersamaan panen, buah langsat pun dijual dimana-mana; harga Langsat per kilonya di area kebun hanya sekitar antara Rp 4 ribu hingga Rp 5 ribu. 

    Khusus harga Langsat kini rata-rata dijual di pasaran adalah Rp 10 ribu perkilonya, dan harga ini terus turun setiap harinya seiring banyaknya hasil panen. 

    Turunnya harga Langsat itu pun diikuti oleh harga jenis buah lainnya. Diketahui sejumlah desa yang warganya banyak memiliki kebun buah antara lain; Sungai Pasir, Salino, Pantai Baru, Sungup, Teluk Mesjid dan lainnya, selain itu terdapat sejumlah desa di kawasan Pamukan dan Kelumpang. ©Jurnalisia™

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda