Penghasilan Warga di Sejumlah Negara Ini Bikin Iri - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Website Ini Telah Dilihat 96,9 Juta Kali

    Minggu, 26 November 2023

    Penghasilan Warga di Sejumlah Negara Ini Bikin Iri

    Nasional,
    Entah harus menunggu berapa dekade lagi penghasilan atau gaji rata-rata orang Indonesia bisa menyamai di sejumlah negara saat ini. 

    Yang jelas kalau dihitung dari Upah Minimum Propinsi (UMP) dari yang tertinggi hingga paling terendah, maka rata-rata penghasilan orang Indonesia adalah sekitar Rp 3,5 juta per bulan. UMP tertinggi berada di Propinsi DKI yakni di 2024 sebesar Rp 5,06 juta, sedangkan UMP yang paling terendah adalah Jawa Tengah sebesar Rp 2,03 juta.

    Dengan penghasilan rata-rata hanya berkisar Rp 3,5 juta per orang, ini sangat ketinggalan jauh jika dibandingkan dengan pengahsilan orang di sejumlah negara ini; yang penghasilan mereka belasan kali lipat dari penghasilan orang Indonesia per bulannya, negara mana saja ? Simak di bawah ini sampai selesai.
    1. Swiss, di negara yang terkenal dengan jam tangannya ini penghasilan warganya rata-rata per bulan adalah sebesar Rp 96,3 juta, ini artinya penghasilan rata-rata disana 27 kali lipat lebih daripada orang Indonesia.
    2. Singapura, negara tetangga kita, negara kecil tapi penghasilan warganya rata-rata per bulan sebesar Rp 68,22 juta, atau hampir 20 kali lipat dari Indonesia.
    3. Australia, ini juga negara tetangga Indonesia yang statusnya belum merdeka penuh dari Kerajaan Inggris (dominion) tapi penghasilan rata-rata warganya setara Rp 66,15 juta per bulan (hampir 19 kali lipat).
    4. Amerika Serikat, di negara Adidaya ini penghasilan warganya rata-rata per bulan setara Rp 58,35 juta (16 kali lipat lebih).
    5. Uni Emirat Arab (UEA), negara kecil di Timur Tengah yang kaya minyak dan gas, penghasilan warganya rata-rata per bulan setara dengan Rp 57,44 juta (16 kali lipat lebih).
    6. Norwegia, satu diantara Negara Skandinavia, rata-rata penghasilan warganya per bulan setara Rp 54,21 juta (15 kali lipat lebih).
    7. Kanada, berada di kawasan Amerika Utara berbatasan dengan Amerika Serikat, rata-rata penghasilan warganya per bulan setara Rp 52,34 juta (hampir 15 kali lipat).
    8. Denmark, juga termasuk Negara Skandinavia, disana penghasilan rata-rata warganya per bulan setara Rp 51,66 juta (14 kali lipat lebih).
    9. Islandia, yang juga berada di kawasan Skandinavia ini rata-rata penghasilan warganya per bulan setara Rp 50,75 juta (14 kali lipat lebih), dan
    10. Belanda, negara yang pernah menguasai Indonesia di masa lalu ini para warganya berpenghasilan per bulan rata-rata setara Rp 50,41 juta (14 kali lipat lebih).
    Nah, itulah sejumlah negara yang pengahsilan warganya bikin iri, padahal diantaranya terdapat negara yang minim SDA seperti Singapura dan Belanda. ©Jurnalisia™

    *Dari berbagai sumber.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda