Historis | 12 Rabiul Awwal Hari Wafatnya Nabi Muhammad SAW - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 14 Oktober 2023

    Historis | 12 Rabiul Awwal Hari Wafatnya Nabi Muhammad SAW

    Benarkah Nabi Muhammad SAW lahir pada 12 Rabiul Awwal ?

    Tak ada hadits Nabi SAW yang menjelaskan tentang tepatnya kapan beliau dilahirkan, namun beliau hanya menyebutkan hari, yakni hari Senin, sehingga Nabi SAW di hari Senin berpuasa untuk memperingati hari kelahiran beliau. Perihal hari Senin ini sebagian besar Ulama sepakat, namun berbeda pendapat terkait tanggal dan bulan yakni 12 Rabiul Awwal.

    Sejarah mencatat Nabi SAW diperkirakan lahir di Mekah pada Tahun Gajah, atau pasca penyerangan pasukan bergajah yang gagal dipimpin Abrahah untuk menghancurkan ka'bah. Tentang Pasukan Bergajah ini diabadikan oleh Allah SWT dalam Alquran Surah Al Fil. 

    Para Ahli Sejarah kemudian ada yang memperkirakan Nabi SAW lahir pada tahun 571 Masehi tanpa menyebut tanggal dan bulannya. Sementara kalender atau penanggalan Tahun Hijriyah barulah disusu di jaman pemerintahan Khalifah Umar ibn Kahttab RA, yang mana Tahun 1 Hijriyah dihitung pada ketika Nabi SAW dan Abubakar RA berhijrah dari Mekah ke Medinah yang diperkirakan pada Juni 622 Masehi. Jadi tahun 1 Hijriyah dimulai pada Juni tahun 622 Masehi.

    Sebagian besar Ulama dari kalangan Sunni justru sepakat tanggal 12 Rabiul Awwal adalah hari wafatnya Nabi Muhammad, seperti yang dikatakan seorang Imam Besar di Medinah yakni Syeikh Sulaiman Ar Rihaili.

    "Tak mungkin hal itu dapat dipastikan. Karena memang tidak ada sumberreferensi yang pasti terkait bulan dan tanggal," kata Syeikh Sulaiman terkait kepastian kapan tepatnya Nabi SAW dilahir.

    Kemudian Syeikh Sulaiman melanjutkan, "Tapi para Ulama sepakat bahwa Nabi SAW wafat pada tanggal 12 Rabiul Awwal."

    Seorang Ulama Indonesia bernama Buya Yahya pun mengatakan, hari kelahiran Nabi SAW adalah hari Senin, tanpa menyebut tanggal, bulan dan tahun sesuai hadits Nabi SAW sendiri.

    Perihal wafatnya Nabi SAW pada 12 Rabiul Awwal ini juga dsinggung dan dibenarkan oleh DR. Mohammad Asri Zainuddin Abidin yang dikenal dengan sebutan DR MAZA, beliau ini merupakan Mantan Mufti di Negara Bagian Perlis Malaysia, juga Profesor di Bidang Kajian Islam di Universitas Sains Malaysia.

    Menurut banyak sumber yang valid, Nabi SAW wafat pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awwal tahun 11 Hijriyah, atau 8 Juni 632 Masehi.

    Nah, para pembaca sekalian, untuk diketahui secara pasti dari sebagian besar kesepakatan para Ulama dari dulu hingga sekarang; 12 Rabiul Awwal itu adalah hari wafatnya Nabi SAW. ©Jurnalisia™

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda