10 Suku Terbesar di Indonesia, Suku Banjar di Peringkat 9 - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 27 Juli 2023

    10 Suku Terbesar di Indonesia, Suku Banjar di Peringkat 9

    Nasional,
    "Seratus tigapuluh lima juta penduduk Indonesia. Terdiri dari banyak suku bangsa itulah Indonesia. Ada Sunda, Jawa, Aceh, Padang, Batak, dan banyak lagi yang lainnya........."

    Itulah lirik dari lagu berjudul 135 Juta ciptaan Raja Dangdut, Rhoma Irma yang diciptakan dan dinyanyikannya sendiri pada tahun 1975; menggambarkan keragaman suku bangsa (etnis) di Indonesia, tapi jumlah penduduk 135 juta itu hampir 50 tahun yang lalu. Kini jumlah penduduk Indonesia di tahun 2023 diperkirakan sudah mencapai 378 juta jiwa.

    Kita lupakan soal pembahasan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat dan berada di peringkat 5 dunia. Kita bahas soal suku bangsa yang paling banyak jumlahnya mendiami wilayah Indonesia. Disini kita ungkap 10 suku terbesar di Indonesia, silakan disimak apakah terdapat suku kalian.

    Suku terbesar yang berada di peringkat teratas sudah tentu adalah Suku Jawa, yang jumlah mencapai 40 persen dari total seluruh penduduk Indonesia. Suku Jawa tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan ke Mancanegara terutama di Suriname, Kaledonia Baru, Pulau Natal, Malaysia, Singapura, Brunei dan lainnya.

    Suku Sunda, menduduki peringkat ke 2 dengan populasi mencapai 15,5 persen dari total penduduk Indonesia. Suku ini sebagian besar mendiami wilayah bagian barat Pulau Jawa. 

    Di peringkat ke 3 adalah Suku Batak yang daerah asalnya adalah Pulau Sumatera bagian utara. Jumlah populasi Suku Batak ini mencapai 3,5 persen dari total penduduk Indonesia. Ciri orang dari Suku Batak ini adalah mereka menggunakan nama keluarga atau marga.

    Selanjutnya di peringkat ke 4 adalah Suku Madura yang berasal dari pulau dengan nama yang sama yakni Pulau Madura. Jumlah Suku Madura ini mencapai 3,03 persen dari total penduduk Indonesia.

    Suku Betawi menempati peringkat ke 5 dengan total mencapai 2,88 persen. Suku ini merupakan suku campuran atau perpaduan dari sejumlah etnis yang didatangkan oleh Kolonial Belanda ke Batavia pada abad ke 17.

    Suku Minangkabau, daerah asalnya adalah Pulau Sumatera bagian barat, menempati peringkat ke 6. Suku yang terkenal dengan Nasi Padang-nya ini populasinya mencapai 2,73 persen. Suku Minangkabau ini digolongkan Deutro Melayu yang diperkirakan bermigrasi dari wilayah Cina Selatan.

    Di peringkat ke 7 ada Suku Bugis yang daerah asalnya adalah Pulau Sulawesi bagian selatan. Suku yang dikenal sebagai suku pelaut ini populasinya mencapai 2,69 persen, yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia hingga ke Malaysia, Singapura dan sejumlah negara lainnya.

    Suku Melayu berada di peringkat ke 8 dengan populasi mencapai 2,27 persen dari total populasi Indonesia. Suku ini tergolong orang Austronesia yang menghuni Semenanjung Malaya hingga Pulau Kalimantan, tersebar di sejumlah wilayah Indonesia hingga ke Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand bagian selatan dan Philipina bagian selatan.

    Peringkat ke 9 adalah Suku Banjar, yakni suku yang muncul oleh perpaduan sejumlah etnis yakni Dayak, Melayu dan Jawa ini berasal dan banyak mendiami wilayah Pulau Kalimantan bagian selatan dan tenggara. Populasi Suku Banjar mencapai 1,74 persen dari total populasi Indonesia.

    Dan di peringkat ke 10 adalah Suku Bali yang mendiami pulau dengan nama yang sama yakni Pulau Bali. Suku yang mayoritas menganut Agama Hindu ini populasinya mencapai 1,67 persen.

    Nah, itulah 10 suku terbesar jumlahnya yang menjadi penduduk Indonesia. ©Jurnalisia™

     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda