Religi | Selain Islam, Inilah Sejumlah Agama Yang Umatnya Juga Berpuasa - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Selasa, 07 Maret 2023

    Religi | Selain Islam, Inilah Sejumlah Agama Yang Umatnya Juga Berpuasa

    Jurnalisia Religi,
    Mesjid mendadak ramai dikunjungi warga untuk shalat magrib dan isya berjamah. Halaman mesjid yang biasa cukup sepi pada hari-hari biasa pada shalat magrib dan isya; menjadi padat oleh berbagai jenis kendaraan bermotor warga yang parkir. Kumandang azan magrib dan isya pun terasa istimewa dari hari-hari biasa. Ada apa kah gerangan ?

    Ternyata hari ini Selasa, tanggal 7 Maret 2023 merupakan malam pertengahan atau medio (nisfu, Arab) bulan Sya'ban pada kalender Hijaiyah yang digunakan umat Islam. Besok Rabu, tanggal 8 Maret 2023 merupakan hari puasa sunah Nisfu Sya'ban. Inilah rupanya yang menyebabkan mesjid mendadak ramai dan kedatangan banyak jamaah.

    Dengan dilaksanakan besok puasa Nisfu Sya'ban, ini berarti sekitar setengah bulan (15 hari, Red) sudah akan dan sedang dilaksanakan puasa wajib di bulan Ramadhan.

    Dihimpun dari berbagai sumber, ternyata ibadah puasa bukan cuma dilakukan oleh umat Islam saja, tapi juga oleh umat sejumlah agama lainnya, tapi tentu saja dengan cara yang berbeda-beda. Inilah sejumlah umat agama Non Islam yang juga berpuasa.
    1. Kristen Katholik, umat Katholik yang berusia 18 tahun hingga awal 60 tahun wajib berpuasa pra paskah dan berpantang selama 40 hari pada Rabu Agung dan Jumat Agung. Khusus untuk berpuasa umat Katholik hanya diperkenankan makan kenyang sekali sehari. Sementara berpanyang diwajibkan bagi umat yang berusia 14 tahun ke atas untuk menghindari makanan-makanan yang paling disukai. 
    2. Kristen Protestan, puasa merupakan ibadah sukarela yang tidak wajib atau berdasarkan kebutuhan pribadi, namun beberapa gereja menetapkannya sebagai ibadah rutin dengan aturan sesuai firman Tuhan.
    3. Yahudi, puasa dalam agama yang juga disebut Yudaisme ini dilaksanakan pada saat-saat sakral di hari-hari tertentu misalkan saja pada Hari Yom Kippur; dikenal sebagai hari paling kudus (suci) diantara hari-hari lainnya. Karena secara traddisi Yom Kippur dipercayai sebagai moment untuk para umat Yahudi meminta pengampunan. Puasa pada Hari Yom Kippur dilaksanakan selama 25 jam; pada matahari terbenam pada malam sebelumnya hingga pada matahari terbenam pada malam berikutnya. 
    4. Budha, secara spesifik puasa dalam agama Budha disebut Uposatha yang bersifat tidak wajib. 
    5. Hindu, disebut Upawasa, terbagi menjadi 2; berdasarkan wajib dan tidak wajib. 
    6. Konghucu, puasa dibagi menjadi 2 kategori; puasa jasmani dan puasa rohani. 
    Itulah sejumlah agama yang melaksanakan puasa dengan caranya masing-masing sesuai ajaran agamanya. Tak menutup kemungkinan juga terdapat ibadah puasa seperti misalkan pada Agama Zoroasther, Sikh, Bahai, Shinto, dan lainnya. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda