Interaktif | Sekolah di Finlandia Masuk Agak Siang, Bagaimana Yang Masuk Sangat Pagi ? - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Senin, 06 Maret 2023

    Interaktif | Sekolah di Finlandia Masuk Agak Siang, Bagaimana Yang Masuk Sangat Pagi ?

    Interaktif,
    Kenal negara Finlandia ?

    Mungkin banyak yang baru tahu namanya, tapi kalau ponsel merk Nokia; kemungkinan besar banyak yang tahu, apalagi mereka yang sudah dewasa di tahun 1990-an, karena mungkin sempat menggunakan ponsel Nokia dengan beragam tipe dan tampilan.

    Finlandia, merupakan negara produsen ponsel merk Nokia yang sempat merajai penggunaan ponsel di dunia sebelum dilibas oleh merk dari vendor lain.

    Nah, di Finlandia ini para murid sekolah masuk belajar agak siang. Sekolah-sekolah di Finlandia biasa memulai jam belajar mengajar jam 09.00 - 09.45 pagi dan berakhir jam 14.00 - 15.00 sore.

    Tapi apakah murid-murid sekolah disana tertinggal dari hal kepintaran secara akademis ? Tentu tidak. Bahkan sistem pendidikan di Finlandia termasuk yang terbaik di dunia.

    Bagaimana dengan murid-murid sekolah yang sudah harus masuk belajar pada jam 05.30 seperti yang diterapkan di Propinsi NTT Indonesia ? Apakah mereka nantinya bisa lebih pintar dari murid-murid sekolah di Finlandia ? Belum tentu. Yang jelas masuk belajar pada jam 05.30 ini tidak saja merepotkan para muridnya, tapi juga para orangtua walimurid dan para Guru.

    Pemerintah Indonesia harusnya menerapkan sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) yang benar-benar satu komando, sehingga tak ada daerah yang membuat kebijakannya sendiri seperti yang dilakukan Pemprop NTT. Dan yang perlu dicoba lakukan adalah; kenapa tak belajar dari sistem pendidikan di Finlandia yang lebih ramah kepada murid dengan masuk belajar agak siang.

    Para pembaca sekalian, apa pendapat anda terkait sistem pendidikan antara Finlandia dan Indonesia khususnya di Propinsi NTT ? Silakan tulis pendapat kalian di kolom di bawah tulisan ini. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda