Arab Saudi Bangun Ka'bah Baru ? Ini Penjelasannya - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Minggu, 05 Maret 2023

    Arab Saudi Bangun Ka'bah Baru ? Ini Penjelasannya

    Internasional,
    Arab Saudi sungguh luar biasa berubah pesat di bawah kepemimpinan Putra Mahkota Muhammad bin Salman atau biasa disebut MbS.

    MbS tampak tak main-main dengan Visi Saudi 2030 yang digagasnya. Setelah sebelumnya ia mengumumkan pembangunan satu kota masa depan bernama The Line, pada 16 Pebruari 2022 lalu ia mengumumkan satu perusahaan pengembang proyek bernama The New Murabba Development Company.

    Dihimpun dari banyak sumber terutama dari Middle East Monitor, perusahaan tersebut akan bertanggungjawab membangun ulang pusat kota Murabba Riyadh agar menjadi pusat kota paling modern dan terbesar di dunia. Disini akan dibangun berbagai fasilitas.

    Yang menjadi kontroversi dan pertanyaan para Warganet adalah satu bangunan ikonik berbentuk kubus seperti Ka'bah yang diberi nama Mukaab, yang akar katanya sama dalam Bahasa Arab. 

    Bangunan bernama Mukaab ini memiliki tinggi 400 meter dengan panjang setiap sisinya juga 400 meter.

    Meski terdapat yang mengkritik bangunan Mukaab itu sebagai saingan atau Ka'bah baru, namun tak sedikit menganggap kritik tersebut sebagai berlebihan, karena menurut para pembela MbS; bangunan berbentuk kubus sudah sangat lazim di kawasan Arabia, contohnya gedung Pengadilan Kriminal di Riyadh.

    "Apakah ini juga Ka'bah ketiga ?" bela para Warganet atas proyek Putra Mahkota MbS. Para pembenci MbS menyindir bangunan Mukaab sebagai Ka'bah baru. ©Jurnalisia


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda