Rumah Kalakai Kapuas; Sediakan Cinderamata Khas Etnik Dayak - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Minggu, 26 Februari 2023

    Rumah Kalakai Kapuas; Sediakan Cinderamata Khas Etnik Dayak

    Kapuas,
    Berlokasi di Jl. Meranti No 7 Kuala Kapuas Kalteng, Souvenir Shop atau toko cinderamata etnik kerajinan suku Dayak yang bernama 'Rumah Kalakai' dikelola Fitri ini banyak dihampiri para pemburu souvenir bermotif dan bercorak etnik Dayak sebagai cinderamata ataupun koleksi pribadi, apalagi lokasi Rumah Kalakai Souvenir ini tepat berada di jalan lintas yang menghubungkan Kota Palangka Raya Kalteng ke Kota Banjarmasin Kalsel.

    Rumah Kalakai ini berdiri semenjak 2002 hingga kini, dan yang khas jualannya adalah kuliner berupa Keripik Kalakai yakni tumbuhan liar sejenis tumbuhan pakis (paku, Red) di daerah rawa gambut yang biasa dibuat sayur semenjak jaman nenek moyang suku Dayak, dan dipercaya sebagai penambah darah, penyembuh luka, untuk ibu hamil dan menyusui, serta untuk pertumbuhan anak karena mengandung zat besi, kalsium, dan antioksidan yang tinggi.

    Di Rumah Kalakai ini juga terdapat souvenir khas kerajinan dari purun serta rotan yang menjadi berbagai macam kerajinan khas Dayak yang menarik.

    "Bertepatan dengan HUT dan Hari Jadi Kabupaten Kapuas pada bulan Maret ini panitia pelaksananya telah memesan keripik kalakai khas Kapuas sebagai souvenir untuk tamu dan undangan, kami berharap souvenir etnik Dayak khas Kapuas ini semakin dikenal luas oleh seluruh warga dimanapun berada," pungkas Fitri. ©Jurnalisia

    Penulis : Dolok

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda