Pantai Gedambaan, Objek Wisata Yang Perlu Berbenah - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Website Ini Telah Dilihat 96,9 Juta Kali

    Minggu, 19 Juni 2016

    Pantai Gedambaan, Objek Wisata Yang Perlu Berbenah


    Selain Taman Siring Laut yang lokasinya mudah dijangkau, karena berada didalam Kota Kotabaru, alternatif lain untuk warga bersantai dan menikmati keindahan alam adalah; Pantai Gedambaan yang berlokasi di wilayah Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Utara Kotabaru.

    Untuk bisa sampai di Pantai Gedambaan, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, berjarak belasan kilometer dari pusat Kota Kabupaten Kotabaru. Jangan Kuatir jalan menuju ke Pantai Gedambaan sudah beraspal cukup mulus, hanya saja terdapat beberapa titik ruas jalan yang perlu segera perbaikan.

    Pantai Gedambaan sudah terkenal sejak lama. Pantai yang berada di teluk yang agak maenjorok ke bibir pantai dengan pemandangan Selat Laut yang berhubungan ke Laut Cina Selatan, Laut Jawa dan Selat Makassar.


    Pemandangan Pantai Gedambaan lainnya adalah kapal dan hilir mudiknya perahu para nelayan, juga deretan bagang alat penangkap ikan yang berbentuk bangunan rumah diatas laut.

    Indah dan Nyaman. Inilah gambaran dari Pantai Gedambaan yang terus dibenahi dengan penambahan beberapa fasilitas bagi kenyamanan para pengunjung. Juga tersedia semacam penginapan disana bagi pengunjung yang ingin menginap beberapa hari.

    Kabupaten Kotabaru memang kaya akan objek wisata, hanya saja selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal dan optimal. Sebut saja objek wisata berupa beberapa pulau yang eksotik; Pulau Samar gelap, Pulau Manti, Pulau Nangka, Tanjung Dewa, ditambah objek wisata lainnya seperti Teluk Tamiang, Air Terjun Tumpang Dua, dan lainnya yang berada didaratan Pulau laut, belum terhitung dan terdata objek wisata di wilayah Kabupaten Kotabaru yang berada di daratan Pulau Kalimantan.
     
    "Kotabaru gunungnya bamiga, bamiga umbak manampur di sala karang, umbak manampur di sala karang....." Sepenggal syair dari lagu berjudul Paris Barantai yang bercerita tentang Kotabaru. Semoga Kotabaru tak cuma lagunya yang dikenal di seantero Indonesia hingga mancanegara, tapi juga Kotabaru yang sebenarnya seperti dunia mengenal Bali. (ISP)

    1 komentar:

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda