Melasti di Tanah Bumbu Dihadiri Umat Hindu Dharma se Kalsel - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Minggu, 19 Maret 2023

    Melasti di Tanah Bumbu Dihadiri Umat Hindu Dharma se Kalsel

    Tanah Bumbu,
    Setelah selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, kegiatan ritual keagamaan Hindu Dharma kembali dilaksanakan, mengambil lokasi di Pantai Madani Kecamatan Sungai Loban Tanah Bumbu, Minggu (19/03/23).

    Menurut I Wayan Sudarma, Panitia Pelaksana, Melasti ini diikuti oleh para warga umat Hindu Dharma tidak saja dari wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, tapi juga dari daerah kabupaten lainnya di Kalsel.

    "Melasti ini se Kalsel, kecuali yang dari Kabupaten Kotabaru yang tidak hadir karena sesuatu dan lain hal," ungkap I Wayan Sudarma yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

    Ritual Melasti yang dilaksanakan sebelum peringatan Hari Raya Nyepi ini dihadiri Bupati Tanah Bumbu, dr. H.M Zairullah Azhar, yang pada kesempatan itu mengingatkan tentang kebersihan dan pembersihan yang berkaitan dengan tujuan ritual Melasti; pembersihan jiwa dari berbagai hal buruk duniawi.

    "Om swastiastu, astungkara mudah-mudahan hari ini dihadiri se Kalsel. Tujuan Melasti ini membersihkan noda-noda kotoran kita di Buana Alit diri kita sendiri dan Buana Agung atau alam semesta dilarung ke laut Pantai Madani," ujar I Wayan Sudarma. ©Jurnalisia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda