Welcome Starlink, Internet Tanpa Kabel ke Rumah - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 22 Mei 2024

    Welcome Starlink, Internet Tanpa Kabel ke Rumah

    Nasional,
    Mungkin diantara kalian para pelanggan internet dari Indihome (PT Telkom) yang mengalami seperti ini; jaringan internet tiba-tiba hilang. Setelah diperiksa ternyata kabel yang menghubungkan jaringan ke router; putus, kejatuhan dahan pohon atau malah dirobohi pohon.

    Kalian melaporkan ke pihak PT Telkom yang punya layanan ini baik melalui online maupun datang ke kantor layanan, terus harus menunggu yang terkadang sampai berhari-hari baru diperbaiki; dan kalian selama sekian lama itu tak dapat layanan internet.

    Parahnya pula, meskipun berhari-hari kalian tak dapat layanan internet dikarenakan menunggu perbaikan, pihak operator tak pernah memberikan konpensasi atas "buruknya" layanan mereka. Begitu terkena giliran pelanggan telat atau terlambat bayar internet di tanggal yang sudah ditentukan; layanan internet ke tempat kalian pun di-isolir; yang artinya kalian tak dapat layanan.

    Honored to launch starlink in Indonesia.
    Merasa terhormat meluncurkan starlink di Indonesia. Inilah cuit Elon Musk di laman X pada tanggal 20 Mei 2024 lalu. Pemilik platfor media sosial X sekaligus juga pemilik perusahaan spaceX yang mengelola jaringan internet starlink yang tidak lagi pakai kabel tapi langsung satelit; yang secara resmi masuk di Indonesia.

    Masuknya layanan internet starlink yang memiliki setidaknya 6.000 satelit di ruang angkasa sana; bakal menjadi saingan berat bagi PT Telkom dengan Indihome-nya yang melayani internet dengan kabel meski kabel serat optik sekalipun.

    Selain punya saingan baru yakni starlink, sebenarnya si Indihome ini sudah punya saingan lainnya di lahan penyediaan internet yakni sejumlah operator telpon seluler yang meluncurkan perangkat bernama mi-fi alias mobile wi-fi; tanpa kabel dan bisa dibawa kemana saja ke area yang terdapat sinyal internet.

    Selamat tinggal internet berkabel yang menjengkel, selamat datang era baru yang meski tidaklah benar-benar baru; internet nirkabel yang tak bakal terganggu karena kabel putus tertimpa benda berat; tertimpa dahan maupun dirobohi pohon. ©Jurnalisia™
    👀 7952

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda