Redenominasi Rupiah Bagaimana Kabarmu Kini ? - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 15 April 2024

    Redenominasi Rupiah Bagaimana Kabarmu Kini ?



    Nasional,
    Sangat mengenaskan memang nasib mata uang Rupiah (IDR) terhadap nilai tukar Dollar Amerika Serikat (USD) maupun sejumlah mata uang negara lainnya.

    Selembar 1 Dollar Amerika Serikat bandingannya atau ditukar dengan 16 lembar Rupiah dengan nominal Rp 1.000, atau 8 lembar Rp 2 ribuan, atau 3 lembar Rp 5 ribuan ditambah 1 lembar Rp 1 ribuan, setidaknya dengan 1 lembar Rp 10 ribuan ditambah 1 lembar Rp 5 ribuan dan 1 lembar Rp 1 ribuan.

    Apa kabar rencana redenominasi, yang akan menghilangkan 3 angka 0 di belakang nominal mata uang Rupiah ?

    Katanya sih tetap akan dilakukan redenominasi terhadap Rupiah, sehingga secara nominal Rupiah tampak seimbang dengan Dollar Amerika Serikat. Redenominasi ini bukan memotong nilai tukar mata uang tapi hanya menghilangkan sederet angka 0 saja. Misalkan saat ini nilai tukar Rupiah terhadap 1 Dollar Amerika Serikat adalah Rp 16.000, maka dengan redenominasi; 1 Dollar Amerika Serikat setara dengan Rp 16 karena 3 angka 0 di belakang Rupiah dihilangkan.

    Sebenarnya secara fakta redenominasi telah dilakukan sendiri secara mandiri oleh warga Indonesia. Ini tampak dari penulisan harga barang di banyak toko atau tempat penjualan dengan mengganti 3 angka 0 dengan huruf K. Misalkan Rp 10.000 ditulis dengan 10K, Rp 100 ribu dengan 100K dan seterusnya. Hanya saja pihak Pemerintah belum secara resmi melakukan redenominasi di alat tukar fisik.

    Rupiah diklaim memenuhi syarat untuk melakukan redenominasi karena ekonomi Indonesia digolongkan stabil. Bagaimana, sudah siapa dengan redenominasi ? Dengan redenominasi uang yang semula nominalnya Rp 1 juta akan menjadi Rp 1.000 saja. ©Jurnalisia™
    👀 2862

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda