Kotabaru Raih Penghargaan Adipura Kedua Kalinya - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Rabu, 06 Maret 2024

    Kotabaru Raih Penghargaan Adipura Kedua Kalinya

    Kotabaru, 
    Kabupaten Kotabaru kembali meraih Penghargaan Adipura Tahun 2023 pada acara penyerahan yang dihadiri Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Selasa (05/03/24). Ini merupakan penghargaan kedua kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2022 lalu. 

    Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, melaporkan untuk penilaian Adipura tahun 2023 telah dilakukan penyesuaian kriteria sesuai target Nasional untuk pengelolaan sampah 100 persen di tahun 2025; meliputi aspek penilaian pada Sistem SIPSN, aspek fisik di lapangan dan inovasi Pemda.

    Dalam arahannya Wapres meminta perlunya pelibatan peran aktif masyarakat, edukasi dan sosialiasi kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah. 

    "Pengelolaan sampah tidak dapat lagi secara konvensional, tetapi Pemda harus menangani sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir," kata Wapres.

    "Sebagai kota atau daerah yang kaya akan destinasi wisata yang beragam, dimana kunjungan wisatawan sangat meningkat drastis, tentunya harus didukung kondisi lingkungan yang baik, tertata, rapi dan bersih. Untuk itu saya selalu menekankan di setiap kesempatan, bahwa semua unsur pemerintah, pengusaha dan masyarakat harus berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan kebersihan," kata Bupati Kotabaru, Said Jafar.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, HM. Maulidiansyah mengatakan, penghargaan yang kedua kali secara berturut-turut ini cukup membanggakan berkat peran serta masyarakat yang semakin meningkat dan peduli terhadap pengelolaan sampah. Apalagi kriteria penilaian yang semakin diperluas dan ketat. Untuk itu atas nama Pemkab Kotabaru, Maulidiansyah mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh pihak terutama titik-titik pantau. ©Jurnalisia™

    Penulis : Agus Ariyanto 
    👀 4809

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda