Gereja Al Qulais Dibangun di Negeri Yaman Untuk Menyaingi Ka'bah - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id
    Website Ini Telah Dilihat 98,18 Juta Kali

    Selasa, 26 Maret 2024

    Gereja Al Qulais Dibangun di Negeri Yaman Untuk Menyaingi Ka'bah

    Religi,
    Adalah Ghorqatil Qulais atau Ka'batil Qulais yang terletak di kawasan bernama Son'a di negara Yaman saat ini, selesai dibangun sekitar tahun 525 Masehi oleh Abrahah.

    Al Qulais dibangun oleh Abrahah dengan maksud menyaingi Ka'bah di Mekah yang selalu ramai dikunjungi banyak orang, sehingga berdampak pula bagi kemajuan ekonomi masyarakat Mekah. Alasan inilah yang membuat Abrahah membangun Al Qulais; agar menjadi tujuan wisata dan berdagangan dari negeri-negeri sekitarnya.

    Ghorqatil Qulais ini merupakan Gereja Kristen, dibangun dengan material bermutu tinggi serta berhiaskan logam mulia di jamannya.

    Apa yang diharapkan Abrahah dari tujuannya membangun Gereja Al Qulais itu tak terwujud, sehingga menimbulkan kemarahannya terhadap keberadaan Ka'bah di Mekah. Puncak dari kemarahan Abrahah itu adalah penyerangan terhadap Mekah untuk menghancurkan Ka'bah dengan mengirim pasukan bergajah.

    Penyerangan tentara Abrahah dari Yaman ini diabadikan oleh Alquran dalam Surah Al Fiil, yang mana Alquran menceritakan pasukan bergajah Abrahah luluh lantak diserang oleh segerobolan burung sebelum sempat sampai ke Mekah apalagi dapat menghancurkan Ka'bah. Jurnalisia

    Sumber : inShaa
    👀 3710

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda