Bang Dhin Harapkan Pemprop dan Pemkab di Kalsel Perhatikan Umat Kaharingan

Kotabaru,
Wakil Ketua DPRD Propinsi Kalsel, M. Syaripuddin, SE, M.AP meminta Pemkab Kotabaru lebih memperhatikan dan mendorong perkembangan tradisi budaya umat Kaharingan di daerahnya.

Hal itu disampaikan Legislator yang akrab disapa Bang Dhin itu saat menghadiri Hari Ulang Tahun Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan (MUKK) Indonesia ke 6 tahun 2023 di halaman Kantor Pusat Musyawarah Pusat MUKK Kalimantan di Desa Hampang Kabupaten Kotabaru, Senin (18/12/23).

"Budaya dan kesenian umat Kaharingan perlu ditingkatkan dan dikembangkan, sehingga dapat dikenal secara luas oleh publik," kata Bang Dhin.

Untuk meningkatkan dan mengembangkan budaya dan seni itu; perlu dukungan dan fasilitasi dari Pemerintah Daerah baik dari segi pembinaan maupun dukungan pendanaan. 

"Diharapkan budaya dan seni yang beragam umat Kaharingan dapat bersanding dengan budaya dan seni lainnya yang sudah eksis," harap Bang Dhin.

Diketahui umat Kaharingan di Kalsel; tersebar di beberapa kabupaten diantaranya di Kotabaru. Selain itu ada di Tanah Bumbu, Tabalong, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Balangan, Tapin, dan di Kabupaten Banjar.

"Tak cuma di Kotabaru, masing-masing kabupaten di Banua, termasuk pemerintah propinsi; diharapkan memberikan perhatian kepada mereka," ujarnya pula.

HUT Majelis MUKK Indonesia ke 6 tahun 2023 juga dihadiri Kepala Pokja Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat pada Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Sjamsul Hadi serta Muspicam setempat. Selain itu hadir pula Ketua MUKK Kalimantan, Sukirman. Ia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang sudah membantu dalam pelayanan kependudukan. 

"Semoga kami selalu mendapat dukungan pemerintah dan berbagai pihak untuk menciptakan keharmonisan baik dalam organisasi maupun kehidupan bermasyarakat," tutur Sukirman. ©Jurnalisia™

Posting Komentar

Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

Lebih baru Lebih lama