Tangani Karhutla Polsek Batulicin Harapkan Dukungan Semua Pihak - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 08 Oktober 2023

    Tangani Karhutla Polsek Batulicin Harapkan Dukungan Semua Pihak

    Tanah Bumbu,
    Musim panas atau kemarau hampir dipastikan rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tak terkecuali di wilayah Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

    Udara yang panas dan teriknya matahari mengakibatkan banyak semak belukar yang mengering dan mudah terbakar, entah terbakar dengan sendirinya ataupun tanpa sengaja ada yang membuatnya kebakaran.

    Semak belukar yang ditumbuhi banyak pohon jenis Galam di kawasan Kelurahan Gunung Tinggi dan Desa Kersik Putik Kecamatan Batulicin; terbakar sejak beberapa minggu terakhir dan masih menyisakan api kecil dan asap.

    Pihak Polsek Batulicin melaksanakan patroli imbauan dan melaksanakan pemadaman bersama instansi terkait apabila ada kejadian kebakaran di wilayah Kecamatan Batulicin. 

    Menurut Kapolsek Batulicin, Ipda Kusnin, pemanggilan dan pemeriksaan terhadap seseorang yang diduga sebagai pelaku penyebab kebakaran, beberapa kali dilakukan, namun tidak ada bukti maupun saksi yang mengarah pada seseorang tersebut sebagai pelakunya.

    Ditambahkannya, kejadian kebakaran yang terjadi, mayoritas disebabkan tanah di wilayah Kecamatan Batulicin adalah tanah gambut, yang mana apabila ada titik api yang di atasnya telah dipadamkan, namun setelah terkena panas yang tinggi dari matahari, dan didukung angin yang kencang, panas tanah gambut akan muncul api lagi dan membesar serta menyebar sesuai arah angin.

    Indikasi adanya faktor kesengajaan saat ini ujar Ipda Kusnin pula; terbantahkan dengan risiko dari kebakaran yang membahayakan bagi pemukiman warga masyarakat.

    "Kami dari Polsek selalu melakukan upaya sosialisasi larangan Karhutla. Kolaborasi dengan Satgas penanganan Karhutla baik tingkat kecamatan maupun kabupaten, serta melaporkan kepada pimpinan," kata Ipda Kusnin.

    Ia pun berharap dukungan dari semua pihak dalam pencegahan Karhutla ini, apabila memang ada indikasi adanya faktor kesengajaan, dan ada yang melihat pelaku, segera laporkan. ©Jurnalisia™

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda