Religi | Tanggal 12 Rabiul Awwal Adalah Hari Wafatnya Nabi Muhammad SAW - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 21 September 2023

    Religi | Tanggal 12 Rabiul Awwal Adalah Hari Wafatnya Nabi Muhammad SAW

    Religi,
    Tak seorangpun yang dapat memastikan kapan Rasulullah Muhammad SAW tepatnya dilahirkan, namun sebagian besar para Ulama sependapat pada tanggal 12 Rabiul Awwal, inipun tak ada satu pun dalil yang mendasarinya.

    "Para ahli ilmi berselisih tentang lahirnya Nabi dan terdapat 7 atau 8 pendapat, mereka tidak mengetahui kapan Beliau dilahirkan, meskipun pendapat yang terbanyak itu bahwa Beliau lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal namun tanpa adanya dalil; namun hanya sekedar nukilan dari beberapa orang saja namun tidak ada yang valid satu pun," ungkap Syaikh Dr. Utsman Al Khamis, pada satu ceramahnya membahas tentang maulid Nabi Muhammad SAW.

    Syaikh Dr. Utsman Al Khamis, merupakan Ulama asal Kuwait, memegang gelar Master untuk Ilmu Hadits, juga memegang gelar Ph.D dari Universitas King Saud. 

    Menurut Syaikh pula, tak ada seorang pun yang mampu meyakinkan bahwa Beliau (Nabi SAW, Red) dilahirkan pada hari ini (12 Rabiul Awwal).

    "Dan point yang paling agung dalam perkara ini ialah; bahwa secara ijma; tanggal 12 Rabiul Awwal adalah hari wafatnya Nabi Muhammad SAW, maka seakan-akan kita merayakan hari wafatnya Nabi SAW," kata Syaikh Utsman. 

    Syaikh pun mengatakan, sebaiknya meninggalkan peringatan dan perayaan Maulid Nabi seperti yang selama ini dilakukan oleh tak sedikit umat Islam. Kalau ingin memperingati dan merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW; lakukanlah setiap hari tanpa mengkhususkan pada waktu-waktu tertentu. 

    Nabi SAW bersabda, "Tidaklah aku meninggalkan suatu kebaikan, atau tidaklah aku meninggalkan suatu perkara yang dapat mendekatkan diri kalian kepada Allah dan surga; melainkan aku perintahkan untuk melakukan itu. Dan tidaklah aku meninggalkan suatu perkara yang dapat menjauhkanmu dari Allah dan dapat mendekatkanmu ke neraka; melainkan aku telah melarang perbuatan tersebut."  ©Jurnalisia™

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda