Religi | Non Muslim Disebut Kafir; Harus Bangga, Bukan Penghinaan, Bukan Penistaan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 22 Juli 2023

    Religi | Non Muslim Disebut Kafir; Harus Bangga, Bukan Penghinaan, Bukan Penistaan

    ilustrasi : hidayatuna
    Religi,
    Kafir.

    Istilah atau terminologi tersebut terdapat dalam Agama Islam; dipakai untuk menyebut orang-orang yang bukan beragama Islam atau Non Muslim.

    Penyebutan 'Kafir' ini bukan istilah yang dibuat-buat oleh para penganut Agama Islam, tapi memang pernyataan Allah sendiri melalui firman-Nya di dalam Alquran.

    Terdapat banyak kata yang merujuk kepada 'Kafir' yang berhubungan dengan keesaan Allah dalam Alquran.

    "Ada 525 kata kafir dalam Alquran yang bermakna; pertama, enggan mengakui keesaan Allah, risalah Rasul-Nya dan hari kemudian," ujar KH Cholil Nafis, seorang Ulama dari Kalangan NU seperti dikutip dari Republika.

    Mereka yang bukan beragama Islam tidak seharusnya tersinggung apalagi marah atas label 'Kafir' yang ditujukan kepada mereka. Dan umat Islam juga jangan pernah ragu menyebut mereka yang tak beragama Islam adalah kafir, karena ini memang yang diajarkan oleh Allah.

    "Istilah kafir itu ada terminologi dalam Agama Islam, bukan dalam konstitusi kita. Tidak ada urusan dengan kenegaraan, tidak ada urusan dengan keberagaman kita. Kafir itu adalah istilah di dalam Islam yang artinya secara singkat kalau saya tidak salah adalah orang-orang di luar Islam," tanggap Mpu Jaya Prema, seorang Tokoh Agama Hindu, yang diunggah di Kanal Bulan Terang.

    Jadi menurut Tokoh Hindu itu pula, jadi bila kita disebut kafir; justru harus bangga karena memang kita berada di luar Islam.

    "Justru kalau kita disebut bukan kafir, kamu bukan kafir lho; justru marah, itu artinya saya berada didalam Islam karena bukan kafir. Tapi karena saya Hindu, saya diluar Islam; ya wajar dong kalau saya disebut kafir," jelas Mpu Jaya.

    Ia pun menambahkan, didalam Agama Hindu ada pula yang hampir sama untuk menyebut mereka yang Non Hindu yakni; Nastika, yang pengertiannya adalah mereka yang tak mengakui Kitab Suci Weda sebagai ajaran agama. Sedangkan dalam Agama Kristen dikenal istilah; Domba Tersesat.

    Nah, umat Islam sekalian, sudah jelas apa dan siapa yang disebut kafir itu, maka umat Islam jangan pernah ragu menyebut kafir kepada yang Non Muslim. ©Jurnalisia™



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda