Inilah 12 Negara di Eropa Berbentuk Kerajaan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 13 Juli 2023

    Inilah 12 Negara di Eropa Berbentuk Kerajaan

    Internasional,
    Selain terdapat negara-negara di dunia yang bentuk pemerintahannya adalah Republik baik sistem presisential naupun parlementer, juga terdapat negara yang bentuk pemerintahannya adalah Monarki atau Kerajaan.

    Kali ini kita mengungkap sejumlah negara di Benua Eropa yang berbentuk Monarki, yang mana usia negara-negara itu cukup lama.

    Andorra, beribukota di Andorra La Vella, merupakan negara kepangeranan, berpenduduk hanya sekitar 78 ribu jiwa. Negara ini terletak diantara Negara Prancis dan Spanyol. Negara ini menggunakan sistem pemerintahan yang sangat unik di dunia, yakni sistem Diarki; diperintah oleh 2 Kepala Negara bersamaan. Saat ini yang memerintah negara ini adalah Presiden Prancis, Emanuel Macron sebagai Co Pangeran Andorra, dan Uskup Urgell Spanyol, Joan-Enric Vives sebagai Co Pangeran pula.

    Belgia, beribukota di Brussel, merdeka dari Belanda pada tahun 1830, berpenduduk sekitar 11,6 juta jiwa. Negara ini memakai 3 bahasa resmi yakni; Belanda, Jerman dan Prancis. Saat ini yang memerintah adalah Raja Philippe III didampingi Ratu Mathilde.

    Denmark, beribukota di Kopenhagen. Negara berpenduduk sekitar 6 juta jiwa ini memiliki 2 negara konstituen yakni; Kepulauan Faroe dan Greenland (Pulau Hijau). Saat ini diperintah oleh Ratu Margarethe II.

    Liechtenstein, atau Kepangeranan Liechtenstein, beribukota di Vaduz. Negara berbahasa resni Jerman ini berpenduduk sekitar 39 ribu jiwa. Meski negara ini kecil tapi menempati urutan ke 2 di dunia sebagai negara memiliki PDB Tertinggi. Saat ini diperintah oleh Pangeran Hans Adam II didampingi Putri Marie.

    Luksemburg, memperoleh kemerdekaan dari Prancis pada tahun 1815. Berpenduduk sekitar 662 ribu jiwa. Negara ini merupakan satu-satunya di dunia yang diperintah oleh Kepala Negara bergelar Adipati atau Grand Duke. Saat ini yang memerintah adalah Grand Duke Henri dan Maria Teresa.

    Monako, negara ini berbentuk Kepangeranan dengan jumlah penduduk sekitar 39 ribu jiwa. Negara yang benderanya mirip dengan bendera Indonesia ini diperintah oleh Pangeran Albert II didampingi Putri Charlene.

    Norwegia, beribukota di Oslo, berpenduduk sekitar 6 juta jiwa. Saat ini diperintah oleh Raja Harald V didampingi Ratu Sonja.

    Spanyol, beribukota di Madrid, berpenduduk sekitar 47,3 juta jiwa. Saat ini diperintah oleh Raja Felipe VI didampingi Ratu Letizia. 

    Swedia, ibukota Stockholm, berpenduduk sekitar 11 juta jiwa. Saat ini diperintah oleh Raja Carl Gustav XVI dan Ratu Silvia.

    Belanda, ibukota Amsterdam, penduduk sekitar 17,4 juta jiwa. Negara ini merupakan negara bekas penjajah Indonesia. Saat ini diperintah oleh Rapa Willem Alexander didampingi Ratu Maxima. 

    Inggris Raya, ibukota London, berpenduduk sekitar 67,5 juta jiwa. Inggris Raya merupakan Kerajaan dengan 4 negara konstiuen yakni; Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara. Kerajaan tertua di Benua Eropa ini diperintah oleh Raja Charles yang menggantikan ibunya Ratu Elizabeth II. 

    Vatikan, ini merupakan Negara Kota yang enklave dikelingi oleh tembok Kota Roma Italia. Negara ini berbentuk Monarki Absolut yang diperintah oleh Paus, yang saat ini adalah Paus Franciscus. ©Jurnalisia™

    Sumber : wonometer, wikipedia, britanica

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda