Dinas PUPR Kotabaru Adakan Sertifikasi Kompetensi Jasa Konstruksi - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 26 Juli 2023

    Dinas PUPR Kotabaru Adakan Sertifikasi Kompetensi Jasa Konstruksi

    Kotabaru, 
    "Kami mengimbau kepada seluruh peserta untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan sungguh-sunguh sehingga dapat menyelesaikan ujian sertifikasi dengan hasil yang memuaskan," ungkap Asisten II Setdakab Kotabaru, Murdianto, saat menghadiri dan membuka Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi Kabupaten Kotabaru Tahun 2023, bertempat di satu hotel di Kotabaru, Rabu (26/07/23).

    Bertemakan "Penigkatan Kompetensi Pelaku Jasa Konstruksi Dalam Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Kotabaru", dilaksanakan selama 2 hari dari 26 hingga 27 juli 2023.

    Sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan Dinas PUPR Kabupaten Kotabaru ini adalah upaya membekali pengusaha dan keterampilan praktis SDM di bidang konstrusi yang handal berkualitas dan besertifikat untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kotabaru.

    Kadis PUPR Kabupaten Kotabaru, Suprapti Tri Astuti menjelaskan berdasarkan surat dari Kementerian PUPR; sekarang SKT (Sertfikat Keterampilan) dan SKA (Sertifikat Keahlian) berubah menjadi SKK, dan untuk mengusulkan perpanjangan SBU (Sertfikat Badan Usaha) harus memiliki SKK.

    "Untuk mendapatkan SKK mereka harus ke Banjarmasin atau keluar daerah, tentunya memakan biaya lebih besar, makanya kita laksanakan disini, " kata Kadis PUPR.

    Ditambahkannya kegiatan ini pertama kali dilaksanakan di tahun 2023, dan diharapkan pada tahun 2024 akan dilaksanakan kegiatan serupa.

    "Materinya secara garis besar yakni kualifikasi Tenaga Ahli Jenjang 7, 8, dan 9, kemudian Analis Teknik Sipil Jenjang 5 dan 6," tambah Naili Shofiah, Kabid Bangunan Gedung dan Jasa Konstruksi pada Dinas PUPR Kabupaten Kotabaru.

    Narasumber adalah Ketua Dewan Pakar Nasional INTAKINDO, Ir. Hasan Husaini, ST, MT, Asesor berasal dari Jakarta yaitu Mayjend Sugiono, ST, MT dan Endang Prijatna, ST, serta dari LSP Mandiri Banjarbaru, Heni. ©Jurnalisia™

    Penulis : Agus Ariyanto 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda