Religi | Abu Jahal, Dari Bapak Kebikjasanaan ke Bapak Kebodohan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 26 Juni 2023

    Religi | Abu Jahal, Dari Bapak Kebikjasanaan ke Bapak Kebodohan

    ilustrasi : sohibah
    Religi,
    Dalam khazanah Islam dikenal seorang sosok manusia yang sangat membenci Rasulullah Muhammad SAW, yakni Abu Jahal.

    Sosok yang satu ini sering kali tak sedikit yang salah pengertian, mengira Abu Jahal adalah pamanda Rasulullah Muhammad SAW, padahal bukan.

    Abu Jahal merupakan seorang tokoh dari kabilah Arab dari suku Quraisy, yang sangat memusuhi Nabi dan umat Islam di masa itu. Nama asli Abu Jahal adalah Amr bin Hisyam, ia berasal dari Bani Makhzum.

    Adapun Abu Jahal ini merupakan gelar yang disematkan kepadanya, yang artinya Bapak Kebodohan. Abu Jahal tewas di usia sekitar 54 tahun di Perang Badar yang terjadi pada tahun ke 2 hijriyah. 

    Abu Jahal ini tadinya digelari penduduk Mekah pada waktu itu sebagau Abu Al Hakam (Bapak Kebijaksanaan) dikarenakan sikapnya yang bijaksana. Namun ketika ia mulai memusuhi Nabi dan umat Islam secara membabi buta, sehingga gelarnya pun berubah menjadi Abu Jahal.

    Dari Abu Jahal ini terlahir seorang Panglima Perang bernama Ikrimah, yang pernah dikirim Khalifah Abubakar Asshidiq untuk menumpas para Murtadin di Yaman, Arab Tengah dan Arab Selatan, yakni yang menjadi pengikut Nabi Palsu Musailamah Al Kazzab, Thulaihah Al Asadi dan Sajjah. ©Jurnalisia™

    Sumber : wikipedia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda