[ADV] Desa Batulicin Irigasi Dicanangkan Ikuti Lomba HATINYA 2016 - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Website Ini Telah Dilihat 96,9 Juta Kali

    Senin, 09 Mei 2016

    [ADV] Desa Batulicin Irigasi Dicanangkan Ikuti Lomba HATINYA 2016

    Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang dicanangkan untuk mengikuti lomba HATINYA (Halaman Yang Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) PKK tingkat Nasional 2016. 
    Untuk itu beberapa waktu lalu Rombongan Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan Selatan  mengunjungi Desa Batulicin Irigasi. Kehadiran rombongan tim tersebut disambut baik oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Erwinda Mardani beserta jajarannya. Turut mendampingi pula Kepala Desa Batulicin Irigasi, Superiadi yang sebelumnya sempat meraih penghargaan Adikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2015 dari Presiden Joko Widodo.

    "Dari ratusan desa di Kalsel, Desa Batulicin Irigasi merupakan desa terbaik yang berhasil memanfaatkan lahan pekarangan rumah sehingga bernilai ekonomis untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga," demikian disampaikan oleh Ketua TP-PKK Propinsi Kalsel, Hj. Raudatul Jannah Sabirin Noor pada saat mengunjungi desa tersebut.

    Ketua TP PKK Propinsi Kalsel mengaku,nsangat terkesan dengan adanya pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Batulicin Irigasi ini. Menurutnya pantas saja Tanah Bumbu bisa  menjadi percontohan bagi daerah lain dalam hal pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

    Ia menambahkan, tanaman jenis sayur, buah-buahan, dan tanaman obat selain dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga juga bernilai ekonomi terciptanya usaha rumah tangga. Sebagaimana yang dilakukan oleh seorang warga Desa Batulicin Irigasi yang saat ini mampu memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai bahan pembuatan jamu skala usaha rumah tangga. 
      
    Sejumlah daerah diketahui pernah berkunjung ke Desa Batulicin Irigasi antara lain Pemkab Banyu Asin Propinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Pulang Pisau Propinsi Kalimantan Tengah, dan Kabupaten Balangan Propinsi Kalimantan Selatan. Mereka datang ke Tanah Bumbu untuk mempelajari teknis pemanfaatan lahan pekarangan rumah secara maksimal.

    Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan ditanam dan tumbuh di pekarangan warga seperti sawi, selederi, daun bawang, Pare, kubis, daun selada, kemangi, bayam, cabai, gambas, serai, tomat, jeruk nipis, dan lainnya. Sedangkan untuk tanaman obat yang ditanam seperti lengkuas, jahe, kunyit, kencur, dan lainnya yang bisa diolah menjadi jamu. (Rel/Adv)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda