Napi Buron Lapas Kotabaru Berhasil Dibekuk Oleh Tim Gabungan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 05 Januari 2014

    Napi Buron Lapas Kotabaru Berhasil Dibekuk Oleh Tim Gabungan

    Jurnalisia-Kotabaru,
    Ristiansyah Napi asal Tanah Bumbu salah seorang dari 7 orang buronan yang kabur dari Lapas Kabupaten Kotabaru, Minggu lalu (29/12/13), berhasil ditangkap oleh Tim Gabungan Resmob Polda Kalsel dan Reskrim Polres Kotabaru di Desa Betung Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru, Sabtu (4/1/14) sekitar pukul 00:50 WITa.

    Ristiansyah langsung diamankan sementara di Polsek Pulau Laut Timur, dan kemudian dibawa ke Rutan Polres Kotabaru untuk dilakukan pemeriksaan.

    Saat ditangkap, bersama Ristiansyah juga diamankan 1 unit sepeda motor jenis matic Honda Beat warna merah tanpa nomor polisi yang ia dapat dari hasil perampasan.
    Menurut pengakuannya, sepeda motor matic itu ia rampas di Desa Sei Taib pada Malam Senin sehari setelah mereka kabur.

    AKP Fahrurozi, S.I.K, MM, Kasat Reskrim Polres Kotabaru melalui Ipda Joko Purwanto, KBO Polres Kotabaru kepada wartawan, Minggu (05/01/14) mengatakan, ketika hendak ditangkap Ristiansyah, Napi kasus curanmor ini mau melarikan diri, namun dengan cepat Tim Gabungan Resmob Polda Kalsel dan Tim Reskrim Polres Kotabaru berhasil menangkap di salah satu rumah kosong di Desa Betung.

    "Ristiansyah sudah diamankan di Polres Kotabaru untuk proses lebih lanjut, kasusnya pun bertambah karena melakukan perampasan sepeda motor milik warga Sei Taib, melanggar pasal 363 KUHP," kayanya.

    Ipda Isnandar Alamsyah melalui Bripka Bambang Rupaidi, SH, Kanit Reskrim Polsek Pulau Laut Barat mengatakan, Minggu (05/01/14), sebelum Ristiansyah ditangkap, informasi yang didapat mengatakan Ristiansyah kemungkinan menemui temannya ketika masih satu sel di Lapas Kotabaru di Kecamatan Pulau Laut Barat di Desa Lontar Selatan.

    "Mendengar informasi itu Kapolsek bersama saya dan anggota yang lain langsung bergerak ke rumah dimaksud, ternyata Ristiansyah tidak ada. Kepada Tim Polsek Pulau Laut Barat, bekas teman di Lapas itu mengatakan Ristiansyah mungkin menemui temannya yang lain," ungkap Bambang.

    Ditambahkan Bambang, Informasi yang didapat Ristiansyah sempat bermalam di rumah seorang temannya. Ketika Tim ke rumah dimaksud di Desa Teluk Kemuning Lontar Selatan, tuan rumah sudah tidak ada kata warga; mungkin mengantar temannya ke Desa Betung Kecamatan Pulau Laut Timur.

    "Sekitar jam 17.00 WITa, warga dimaksud ada di rumahnya, seketika itu juga kami langsung meminta keterangan kepadanya. Dia bersikap kooperatif dan mengaku diminta Ristiansyah untuk menunjukkan jalan menuju Pulau Laut Timur. Keterangan yang kami dapat dari warga itu, Ristiansyah Napi buron itu ada di rumah kosong di Desa Betung Kecamatan Pulau Laut Timur dekat perkebunan sawit.

    Setelah mendapat keterangan dari warga dimana lokasi persembunyian Ristiansyah, mereka langsung laporkan ke Tim Gabungan Resmob Polda Kalsel dan Tim Reskrim Polres Kotabaru, langsung menuju lokasi persembunyian dan sudah menunggu di Pulau Laut Timur. Tim belum melakukan penggerebekan menunggu petugas lainnya membawa warga untuk menunjukkan  lokasi persembunyian Ristiansyah.

    Sekita pukul 00.15 WITa, Sabtu (04/01/14) dinihari, Tim Resmob Polda Kalsel dan Tim Reskrim Polres Kotabaru berhasil menangkap Ristiansyah. Proses penangkapan selanjutnya ditangani oleh TIm Gabungan tersebut," terangnya. (Iwan/IZ)


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda