Religi | Salah Cetak di Surah Al Kahfi; Menyebut Allah Bodoh - Jurnalisia

  • Jurnalisia

    Mengusung Kearifan Lokal

    1 / 9
    2 / 9
    3 / 9
    4 / 9
    5 / 9
    6 / 9
    7 / 9
    8 / 9
    9 / 9

    ©Jurnalisia

    #
    #
    #

    Jumat, 25 Agustus 2023

    Religi | Salah Cetak di Surah Al Kahfi; Menyebut Allah Bodoh

    Religi,
    Apa jadinya kalau 1 huruf diganti di dalam surah pada ayat Alquran ?
    Maka, arti dan maksudnya pun berbeda, bahkan sangat jauh berbeda dari yang dimaksud oleh Allah SWT dalam firman-Nya.

    Itulah yang sedang terjadi pada Surah Al Kahfi ayat 8, dimana terdapat Alquran yang diduga salah cetak oleh satu percetakan di Indonesia.

    Adanya kesalahan 1 huruf di ayat 8 pada Surah Al Kahfi itu belum lama ini diungkap oleh Mahfud MD, yang merupakan Menko Polhukam RI yang diketahui juga paham urusan agama.
     
    وانا لجعلون ما عليها صعيدا جرزا

    Yang di atas adalah teks asli dari ayat 8 surah Al Kahfi, yang artinya; "Dan Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah yang tandus lagi kering."

    Sedangkan yang di bawah ini merupakan yang terjadi kesalahan, yang seharusnya di asli menggunakan huruf ain (ع) namun tertulis huruf ha (ه), sehingga arti dan maksud dari ayat pun berubah menjadi; "Dan Kami benar-benar tidak mengetahui (bodoh) apa yang di atasnya menjadi tanah yang tandus lagi kering."

    وانا لجهلون ما عليها صعيدا جرزا

    Perubahan arti dan makna itu dikarenakan penulisan yang semestinya  لجعلون (laja'iluwn) yang artinya menjadikan ditulis لجهلون (lajahiluwn) yang artinya tak mengetahui (bodoh). Ini samas saja dengan mengatakan Allah SWT tidak mengetahui sesuatu alias bodoh (jahil).

    Penemuan kesalahan tersebut pun membuat sejumlah pihak terperanjat terutama Kementerian Agama RI, yang diminta agar segera menarik Alquran yang memuat surah dan ayat yang salah itu dari peredarannya. ©Jurnalisia™

    Beranda